ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BENTUK Skripsi URAIAN BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO


Ika Rizki Agustina, 4101411054 (2015) ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BENTUK Skripsi URAIAN BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4101411054-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan serta penyebabnya yang dilakukan siswa kelas VIII dalam menyelesaikan soal matematika bentuk uraian berdasarkan taksonomi SOLO. Fokus penelitian ini adalah analisis kesalahan dengan menggunakan kriteria jenis kesalahan Subanji dan Mulyoto pada materi garis singgung lingkaran. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 9 siswa kelas VIII E SMP N 2 Patebon, dimana pemilihan subjek penelitian ini berdasarkan banyaknya ketidaksesuaian antara level SOLO pada soal dengan level respon jawaban yang diberikan oleh siswa berdasarkan taksonomi SOLO, yaitu dipilih subjek yang paling banyak memberikan level respon jawaban tidak sesuai dengan level soal. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes, dan wawancara. Tes dianalisis untuk mengetahui level yang diberikan siswa dalam menjawab soal berdasarkan taksonomi SOLO dan untuk mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan berdasarkan jenis kesalahan Subanji dan Mulyoto dan wawancara dianalisis untuk mengetahui penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua jenis-jenis kesalahan menurut Subanji dan Mulyoto dilakukan oleh siswa yaitu kesalahan konsep, kesalahan menggunakan data, kesalahan interpretasi bahasa, kesalahan teknis, dan kesalahan penarikan kesimpulan. Kecenderungan kesalahan paling banyak yang dilakukan siswa yaitu kesalahan konsep dan kesalahan teknis dimana hampir semua siswa melakukan jenis kesalahan ini. Penyebab kesalahan sangat beragam dimana penyebab kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa yaitu karena siswa belum menguasai materi prasyarat yaitu teorema Pythagoras, tidak terampil dalam mengaplikasn rumus-rumus garis singgung lingkaran untuk menyelesaikan masalah, kurang terampil dalam manipulasi operasi aljabar, dan tidak teliti dalam memberikan jawaban. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa siswa belum apu menyelesaikan soal bertingkat hal ini ditunjukkan dengan adanya ketidaksesuaian level yang diberikan siswa dalam menjawab pertanyaan dengan level soal yang diberikan berdasarkan taksonomi SOLO.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: analisis kesalahan, taksonomi SOLO, jenis-jenis kesalahan Subanji dan Mulyoto.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: sumarsono mahasiswa unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 21:33
Last Modified: 13 Nov 2015 21:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22324

Actions (login required)

View Item View Item