ANALISIS FORMULASI STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PADA KOPERASI PEMUDA TUNAS PATRIA (KOPPATRIA) SENTRA INDUSTRI SENI PATUNG DAN UKIR KABUPATEN JEPARA


Shaifur Rizqi Zein, 7101408111 (2015) ANALISIS FORMULASI STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PADA KOPERASI PEMUDA TUNAS PATRIA (KOPPATRIA) SENTRA INDUSTRI SENI PATUNG DAN UKIR KABUPATEN JEPARA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101408111-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Koperasi Pemuda Tunas Patria (KOPPATRIA) dalam mengembangkan usahanya mempunyai kekuatan, kelemahan, peluang , dan ancaman. Pada saat ini menghadapi persaingan di unit, mengalami kemacetan di pembayaran pinjaman, belum bisa secara maksimal dalam pemasaran produk unggulan serta bersiap pada sektor wisata industri di sentra industri seni patung dan ukir. Rumusan strategi diperlukan untuk mengembangkan usaha KOPPATRIA Penelitian ini menggunakan metode dan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah dokumen, arsip, dan informan kemudian dihimpun dengan metode dokumentasi, wawancara semi terstruktur, dan kuesioner. Untuk membuktikan keabsahan data digunakan teknik trianggulasi metode dan sumber. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks IE, Matriks SWOT dan Arsitektur Strategi. Hasil penelitian menunjukkan bobot kekuatan terbesar sampai terkecil 1) Memiliki gedung pemasaran produk unggulan, 2) memiliki hubungan baik dengan pemerintah dan perbankan, 3) mempunyai unit penjualan bahan finishing yang berkembang baik, 4) pengurus yang solid dan berpengalaman, 5) fasilitas usaha cukup memadai, 6) letak gedung kantor yang strategis. Kelemahannya secara berturut-turut yang paling lemah yaitu 1) pengurus masih merangkap jabatan sebagai manajer, 2) kurangnya loyalitas dan kesadaran anggota untuk berkoperasi, 3) simpan pinjam terkendala macet, 4) biaya operasional yang relatif besar, 5) tidak melakukan riset, 6) belum menggunakan sistem informasi manajemen, 7 ) pemasaran produk unggulan anggota belum tertangani secara maksimal, 8) keuangan koperasi yang masih tercampur. Peluang dari yang terbesar sampai 1) Ekspor produk unggulan, 2) Pembinaaan dan latihan koperasi oleh dinas terkait, 3) kerjasama dengan pihak sentra lain, 4) berkembangnya IPTEK, 5) berkembangnya desa wisata. Ancaman dari ancaman terbesar adalah 1) anggapan masyarakat yang negatif terhadap koperasi, 2) iptek yang ketat 3) pasar bebas 2015 MEA, 4) persaingan unit usaha sejenis, 5) lemahnya penegakan peraturan KOPPATRIA. Total nilai tertimbang IFE sebesar 2,310 (rata-rata) dan total nilai tertimbang EFE sebesar 3,018 (tinggi) menempatkan koperasi di sel II pada Matriks IE menunjukkan koperasi berada pada kondisi tumbuh dan membangun. Strategi yang umum dilakukan ialah intensif dan integratif, Aplikasi strategi tersebut ialah melalui penerapan strategi yang dibuat melalui analisis Matriks SWOT menghasilkan enam strategi, kemudian dijabarkan lebih lanjut dengan memetakan program pada arsitektur strategi untuk mengembangkan usahanya. KOPPATRIA diharapkan dapat mensosialisasikan strategi dan program yang telah dirumuskan kepada seluruh komponen organisasi

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: formulasi strategi, identifikasi lingkungan, koppatria
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: nur fatihah unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 21:45
Last Modified: 13 Nov 2015 21:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22319

Actions (login required)

View Item View Item