PENGARUH KARAKTERISTIK PEKERJAAN, PENGEMBANGAN KARIR DAN STRES KERJA PADA KOMITMEN ORGANISASIONAL BAGI KARYAWAN PDAM TIRTA MOEDAL KOTA SEMARANG


Gitria Romadhona Putri , 7311411165 (2015) PENGARUH KARAKTERISTIK PEKERJAAN, PENGEMBANGAN KARIR DAN STRES KERJA PADA KOMITMEN ORGANISASIONAL BAGI KARYAWAN PDAM TIRTA MOEDAL KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7311411165-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Komitmen organisasional menjadi hal penting bagi sebuah organisasi dalam menciptakan kelangsungan hidup sebuah organisasi. Komitmen organisasional akan menentukan ketertarikan karyawan pada perusahaan yang pada akhirnya akan memutuskan untuk tetap bertahan atau keluar dari perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh karakteristik pekerjaan, pengembangan karir dan stres kerja terhadap komitmen organisasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PDAM Tirta Moedal Kota Semarang. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 85 karyawan yang dihitung menggunakan rumus Slovin. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan menggunakan program SPSS 16.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel karakteristik pekerjaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional, pengembangan karir berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional, sedangkan variabel stres kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap komitmen organisasional. Perusahaan diharapkan dapat memberikan informasi tentang peluang promosi maupun jabatan yang kosong dan dapat meminimalisir kemungkinan konflik yang terjadi antar karyawan sehingga karyawan tetap bertahan dalam perusahaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Komitmen Organisasional, Karakteristik Pekerjaan,Pengembangan Karir, Stres Kerja
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 13 Nov 2015 21:00
Last Modified: 13 Nov 2015 21:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22317

Actions (login required)

View Item View Item