ANALISIS ESTIMASI MODEL REGRESI DATA PANEL DENGAN PENDEKATAN COMMON EFFECT MODEL (CEM), FIXED EFFECT MODEL (FEM), DAN RANDOM EFFECT MODEL (REM)


Styfanda Pangestika, 4111411057 (2015) ANALISIS ESTIMASI MODEL REGRESI DATA PANEL DENGAN PENDEKATAN COMMON EFFECT MODEL (CEM), FIXED EFFECT MODEL (FEM), DAN RANDOM EFFECT MODEL (REM). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4111411057-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang estimasi parameter model regresi data panel. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan estimasi parameter model regresi data panel dengan pendekatan Common Effect Model (CEM), Fixed Effect Model (FEM) dan Random Effect Model (REM) untuk data pengaruh angka melek huruf, rata-rata lama sekolah, dan pengeluaran riil per kapita disesuaikan terhadap Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di seluruh Kabupaten/Kota di Jawa Tengah dari tahun 2008 sampai dengan 2012; (2) mengetahui estimasi parameter model regresi data panel terbaik; dan (3) menganalisis estimasi parameter model regresi data panel terbaik dengan menggunakan kriteria uji diagnostik. Pengambilan data dilakukan dengan cara mendokumentasikan data di Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Tengah. Data yang diambil berupa Angka Melek Huruf, Rata-rata Lama Sekolah, Pengeluaran Riil Per Kapita Disesuaikan dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Untuk selanjutnya dilakukan estimasi model regresi data panel terbaik. Analisis data dilakukan dengan menggunakan penghitungan manual dan dengan menggunakan software R. Dari tahapan analisis yang dilakukan, yaitu mengestimasi parameter model regresi data panel, melakukan uji pemilihan model terbaik, uji diagnostik pada model terbaik, pemeriksaan persamaan regresi, menguji signifikansi parameter regresi data panel, menguji asumsi regresi data panel, dan interpretasi model regresi maka diperoleh kesimpulan yaitu estimasi model regresi data panel terbaik dengan pendekatan fixed effect model dengan efek individu dengan nilai dan model persamaan hasil estimasi sebagai berikut: ̂ .

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Regresi Data Panel, Fixed Effect Model, Random Effect Model
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: erni setyaningsih unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 20:35
Last Modified: 13 Nov 2015 20:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22312

Actions (login required)

View Item View Item