ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN JOSUUSHI MAHASISWA SEMESTER III PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG


Erin Fatkhilul Liana, 2302410011 (2015) ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN JOSUUSHI MAHASISWA SEMESTER III PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 230241001110011-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kosakata bahasa Jepang berdasarkan asal-usulnya dapat dibagi menjadi tiga macam yakni wago, kango, dan gairaigo. Hal-hal lain yang perlu diperhatikan mengenai goi dalam bahasa Jepang yaitu suushi (numerial) dan josuushi (kata bantu bilangan). Kata bantu bilangan atau josuushi (助数詞) biasanya digunakan untuk menyatakan barang, orang, kendaraan, waktu, dan lain-lain. Karena banyaknya kata bantu bilangan dalam bahasa Jepang mengakibatkan pembelajar melakukan kesalahan dalam penggunaan josuushi dengan tepat, khususnya mahasiswa semester III angkatan 2013 Prodi Pendidikan Bahasa Jepang UNNES. Sehingga melalui penelitian ini penulis berharap dapat menjelaskan kesalahan penggunakan josuushi pada mahasiswa semester III dan faktor penyebab yang mempengaruhi kesalahan tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester III Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Semarang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 mahasiswa dengan menggunakan teknik acak. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes. Bentuk penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan penelitian deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa tingkat kesalahan penggunaan josuushi oleh mahasiswa semester III Prodi Pendidikan Bahasa Jepang UNNES tahun ajaran 2013 antara lain: kesalahan dalam penulisan ~分 (menit), kesalahan terbanyak adalah dalam penulisan きゅうふん dan じゅっぷん dengan prosentase masing-masing 40%; ~日 (tanggal), kesalahan terbanyak adalah penulisan と お か dengan prosentase 60%; ~ つ (buah), kesalahan terbanyak adalah penulisan やっつ dengan prosentase 90%; ~人 (orang), kesalahan terbanyak adalah penulisan よにん dengan prosentase 57%; ~台 (untuk benda bermesin), kesalahan terbanyak adalah penulisan きゅうだい dan じゅうだい dengan prosentase masing-masing 23%; ~枚(lembar), kesalahan terbanyak adalah penulisan きゅうまい dengan prosentase 20%, kesalahan dalam pengunaan makna josuushi ~時 (~ji) dan ~時間 (~jikan) sebanyak 17%, kesalahan dalam pengunaan makna josuushi ~月 (~gatsu) dan ~か月 (~kagetsu) sebanyak 53%. Faktor penyebab terjadinya kesalahan antara lain, pemahaman mahasiswa mengenai perubahan bunyi pada josuushi masih kurang, pemahaman mahasiswa mengenai makna dan penggunaan josuushi dalam kalimat masih kurang, dan kemampuan menulis mahasiswa dalam hiragana masih kurang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Kesalahan, Josuushi
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: nur fatihah unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 20:39
Last Modified: 13 Nov 2015 20:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22309

Actions (login required)

View Item View Item