Pengaruh Kondisi Sosial dan Ekonomi Orang Tua Terhadap Motivasi Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi pada Siswa Kelas XI SMA Negeri dan Swasta di Kabupaten Pati
Pujiati, 3301405122 (2009) Pengaruh Kondisi Sosial dan Ekonomi Orang Tua Terhadap Motivasi Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi pada Siswa Kelas XI SMA Negeri dan Swasta di Kabupaten Pati. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Pengaruh Kondisi Sosial dan Ekonomi Orang Tua Terhadap Motivasi Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi pada Siswa Kelas XI SMA Negeri dan Swasta di Kabupaten Pati)
- Published Version
Download (17MB) | Preview |
Abstract
Untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi diperlukan dana yang cukup. Masalah ketersediaan dan untuk melanjutkan sekolah berkaitan erat dengan kondisi sosial dan kondisi ekonomi orang tua. Kondisi sosial dan kondisi ekonomi orang tua merupakan salah satu faktor eksternal timbulnya motivasi melanjutkan pendidikan anak. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah 1) Apakah ada pengaruh kondisi sosial dan ekonomi terhadap motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XI SMA Negeri dan Swasta di Kabupaten Pati secara simultan?, 2) Apakah ada pengaruh kondisi sosial orang tua terhadap motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XI SMA Negeri dan Swasta di Kabupaten Pati?, 3) Apakah ada pengaruh kondisi ekonomi orang tua terhadap motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XI SMA Negeri dan Swasta di Kabupaten Pati/, 4) Apakah ada perbedaan motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XI antara SMA Negeri dan Swasta di Kabupaten Pati?. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri dan Swasta di Kabupaten Pati sejumlah 1594 siswa. Pengambilan sampel sebanyak 232 siswa dengan menggunakan proportional random sampling. Variabel yang dikaji dalam penelitian ini adalah kondisi sosial orang tua, kondisi ekonomi orang tua dan motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda dengan menggunakan SPSS for windows Release 15.0. Hasil secara simultan menunjukkan bahwa pengaruh kondisi sosial dan ekonomi orang tua terhadap motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XI SMA Negeri dan Swasta secara simultan sebesar 21,7% dan sisanya 78,3% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Hasil secara parsial menunjukkan variabel kondisi sosial memberikan pengaruh lebih besar yaitu 10,3% dibandingkan variabel kondisi ekonomi yaitu sebesar 5,5%. Sedangkan dari hasil uji ANOVA menunjukkan bahwa motivasi siswa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi antara SMA Negeri dan Swasta berbeda. Karena kondisi sosial orang tua lebih mempengaruhi motivasi melanjutkan ke perguruan tinggi daripada kondisi ekonomi, maka diharapkan orang tua menjaga kondisi sosialnya agar tetap baik atau bahkan dapat meningkatkan supaya lebih baik sehingga motivasi anak juga menjadi lebih baik atau tinggi.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kondisi Sosial, Kondisi Ekonomi, Motivasi Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 07 May 2011 02:49 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 04:44 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2230 |
Actions (login required)
View Item |