PENGARUH KEADILAN ORGANISASIONAL PADA KOMITMEN ORGANISASIONAL DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI MEDIASI (Studi Kasus Pada Karyawan PT Purinusa Eka Persada Bawen)

Anggraeni Tri Rejeki, 7311411144 (2015) PENGARUH KEADILAN ORGANISASIONAL PADA KOMITMEN ORGANISASIONAL DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI MEDIASI (Studi Kasus Pada Karyawan PT Purinusa Eka Persada Bawen). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1401Kb)

    Abstract

    Organisasional. Komitmen organisasional merupakan aspek penting yang perlu dimiliki suatu organisasi. Karyawan sebagai pelaku utama dalam organisasi penting untuk memiliki komitmen, guna menciptakan dan meningkatkan stabilitas organisasi. Beberapa faktor yang mendorong komitmen organsasional adalah keadilan organisasional, dan kepuasan kerja yang dalam perkembangannya, masih terdapat perbedaan hasil penelitian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh mediasi variabel kepuasan kerja pada keadilan organisasional terhadap komitmen organisasional. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PT. Purinusa Ekapersada dengan teknik insidental samplingdan penghitungan jumlah sampel menggunakan rumus slovin yang diketahui sebesar199 karyawan. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, dan metode analisis menggunakan uji parsial dan analisis jalur dengan menggunakan bantuan SPSS for Windows versi 20. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh positif signifikan antara keadilan organisasional pada kepuasan kerja. Hasil juga menunjukan terdapat pengaruh positif signifikan antara kepuasan kerja pada komitmen organisasional. Sedangan keadilan organisasional tidak berpengaruh pada komitmen organisasional. Kepuasan kerja terbukti memediasi hubungan keadilan organisasionalpada komitmen organisasional, yang ditunjukkan dengan nilai t hitung pengaruh tidak langsung (6.52) >t tabel (1.960). Kesimpulan dari penelitian ini adalah kepuasan kerja sangat berperan penting dalam timbulnya komitmen organisasional. Hal ini menunjukkan bahwa untuk dapat memuculkan komitmen organisasional, karyawan harus memiliki kepuasan kerja yang tinggi. Keadilan organisasional signifikan mempengaruhi kepuasan kerja, tetapi tidak signifikan terhadap komitmen organisasional,yang berarti komitmen organisasional lebih dipengaruhi oleh faktor lainnya, seperti kepuasan karyawan dan tingginya gaji.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Keadilan Organisasional, Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasional
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    H Social Sciences > HG Finance
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
    Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
    Date Deposited: 13 Nov 2015 15:23
    Last Modified: 13 Nov 2015 15:23

    Actions (login required)

    View Item