PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CTL DENGAN STRATEGI REACT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEDISIPLINAN SISWA PADA MATERI GEOMETRI


Sulistyaningsih Ratu Wangi, 4101411187 (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CTL DENGAN STRATEGI REACT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEDISIPLINAN SISWA PADA MATERI GEOMETRI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4101411187-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar dan kedisiplinan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ampelgading masih belum optimal sehingga diperlukan model dan strategi pembelajaran yang dapat mengatasi permasalahan tersebut. Model pembelajaran CTL dengan strategi REACT dapat diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar dan kedisiplinan belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran CTL dengan strategi REACT dapat mencapai ketuntasan belajar; membandingkan rata-rata hasil belajar, proporsi ketuntasan hasil belajar, dan kedisiplinan siswa pada kelompok yang menggunakan model pembelajaran CTL strategi REACT dengan siswa pada kelompok yang menggunakan model pembelajaran DI; serta meningkatkan hasil belajar dan kedisiplinan siswa pada kelompok yang menggunakan model pembelajaran CTL dengan strategi REACT. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ampelgading tahun pelajaran 2014/2015. Dua kelompok dipilih secara acak untuk digunakan sebagai sampel, yaitu sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode tes hasil belajar, metode observasi kedisiplinan, dan kuesioner kedisiplinan. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes hasil belajar siswa kelas VIII pada materi kubus dan balok, lembar observasi kedisiplinan siswa, serta kuesioner kedisiplinan siswa. Data dianalisis dengan uji kesamaan dua rata-rata, uji kesamaan dua proporsi, dan uji Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar siswa pada kelompok yang menggunakan pembelajaran dengan model CTL dengan strategi REACT dapat mencapai ketuntasan belajar; (2) rata-rata hasil belajar siswa pada kelompok yang menggunakan model pembelajaran CTL dengan strategi REACT lebih dari rata-rata hasil belajar siswa pada kelompok yang menggunakan model pembelajaran DI; (3) proporsi ketuntasan hasil belajar siswa pada kelompok yang menggunakan model pembelajaran CTL dengan strategi REACT lebih dari proporsi ketuntasan hasil belajar siswa pada kelompok yang menggunakan model pembelajaran DI; (4) kedisiplinan siswa pada kelompok yang menggunakan model pembelajaran CTL dengan strategi REACT lebih baik dari kedisiplinan siswa pada kelompok yang menggunakan model pembelajaran DI; (5) penerapan model pembelajaran CTL dengan strategi REACT dapat meningkatkan hasil belajar siswa; dan (6) penerapan model pembelajaran CTL dengan strategi REACT dapat meningkatkan kedisiplinan siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: CTL, REACT, hasil belajar, kedisiplinan belajar
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: erni setyaningsih unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 20:20
Last Modified: 13 Nov 2015 20:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22295

Actions (login required)

View Item View Item