KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA BERNUANSA ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATERI SEGIEMPAT


Lusi Nofitasari, 4101411183 (2015) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA BERNUANSA ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATERI SEGIEMPAT. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4101411183-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah peserta didik SMP N 5 Kebumen masih rendah sehingga diperlukan model pembelajaran yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Model pembelajaran tutor sebaya bernuansa etnomatematika dapat diterapkan untuk melatih kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ketuntasan kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang menggunakan model pembelajaran tutor sebaya bernuansa etnomatematika serta membandingkan rata-rata nilai tes kemampuan pemecahan masalahnya dengan kriteria ketuntasan minimal, membandingkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang telah menggunakan model pembelajaran tutor sebaya bernuansa etnomatematika dengan model pembelajaran langsung, mengetahui pengaruh sikap pada budaya lokal terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP N 5 Kebumen tahun pelajaran 2014/2015 dan dipilih secara cluster random sampling diperoleh kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode dokumentasi, tes tertulis, dan angket. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal tes tertulis dan lembar angket. Data dianalisis dengan uji proporsi satu pihak, uji rata rata satu pihak, uji perbedaan dua proporsi, uji perbedaan dua rata-rata, dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang menggunakan model pembelajaran tutor sebaya bernuansa etnomatematika mencapai ketuntasan belajar; (2) rata-rata nilai tes kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang menggunakan model pembelajaran tutor sebaya bernuansa etnomatematika mencapai lebih dari kriteria ketuntasan minimal; (3) proporsi ketuntasan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran tutor sebaya bernuansa etnomatematika lebih tinggi daripada yang menggunakan model pembelajaran langsung; (4) rata-rata nilai tes kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang menggunakan model pembelajaran tutor sebaya bernuansa etnomatematika lebih tinggi daripada yang menggunakan model pembelajaran langsung; dan (5) sikap peserta didik pada budaya lokal berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah. Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran tutor sebaya bernuansa etnomatematika efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi segiempat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tutor Sebaya, Etnomatematika, Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: erni setyaningsih unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 20:18
Last Modified: 13 Nov 2015 20:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22292

Actions (login required)

View Item View Item