PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA


Sulis Rinawati, 4101411149 (2015) PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4101411149-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi dan disposisi matematis siswa kelas VII SMP Ibu Kartini Semarang rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pembelajaran kooperatif tipe take and give meningkatkan kemampuan komunikasi dan disposisi matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Ibu Kartini Semarang tahun ajaran 2014/2015 sebanyak 217 siswa yang terdiri dari 5 kelas yaitu kelas VII A, VII B, VII C, VII D, dan VII E. Dengan menggunakan teknik random sampling terpilih dua kelas sampel yaitu kelas VII C sebagai kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe take and give dan kelas VII D sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode dokumentasi, tes, skala disposisi, wawancara, dan observasi. Hasil analisis data akhir diperoleh bahwa: (1) rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa pada kelas eksperimen mencapai ketuntasan belajar; (2) nilai

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Disposisi Matematis, Kemampuan Komunikasi Matematis; Meningkatkan; Take and Give
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: erni setyaningsih unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 20:08
Last Modified: 13 Nov 2015 20:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22282

Actions (login required)

View Item View Item