KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT- BASED LEARNING DENGAN PEMANFAATAN FACEBOOK PADA MATERI POKOK DIMENSI TIGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X


Fikawati Nur Khabibah, 4101411122 (2015) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT- BASED LEARNING DENGAN PEMANFAATAN FACEBOOK PADA MATERI POKOK DIMENSI TIGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4101411122-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah persentase peserta didik yang dikenai model Project-Based Learning dengan pemanfaatan Facebook yang hasil belajarnya memenuhi batas ketuntasan belajar minimal sebesar 75 lebih dari 75% dan rata-rata hasil belajar peserta didik yang dikenai model Project Based Learning dengan pemanfaatan Facebook lebih dari rata-rata hasil belajar peserta didik yang dikenai model ekspositori dengan pemanfaatan Facebook pada materi dimensi tiga. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 1 Bukateja tahun ajaran 2014/2015. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Sampel yang terpilih yaitu kelas X A sebagai kelas eksperimen dengan model Project-Based Learning dengan pemanfaatan Facebook, kelas X B sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran ekspositori dengan memanfaatkan Facebook, dan kelas X C sebagai kelas uji coba. Metode pengumpulan data meliputi metode tes, metode obserbasi dan metode wawancara. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji proporsi dan uji perbedaan rata-rata. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa kelas yang dikenai pembelajaran Project-Based Learning dengan pemanfaatan Facebook mencapai ketuntasan klasikal. Rata-rata hasil belajar peserta didik yang dikenai model Project-Based Learning dengan pemanfaatan Facebook lebih dari rata-rata hasil belajar peserta didik yang dikenai model ekspositori dengan pemanfaatan Facebook. Persentase keaktifan peserta didik yang dikenai pembelajaran Project Based Learning dengan pemanfaatan Facebook. Aktivitas siswa yang dikenai model pembelajaran Project-Based Learning dengan pemanfaatan Facebook dan model ekspositori dengan pemanfataan Facebook mencapai kriteria baik sedangkan aktivitas guru dalam megelola pembelajaran model Project-Based Learning dengan pemanfaatan Facebook dan model ekspositori dengan pemanfataan Facebook mencapai kriteria sangat baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Project-Based Learning, Facebook, Hasil Belajar
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: erni setyaningsih unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 20:03
Last Modified: 13 Nov 2015 20:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22275

Actions (login required)

View Item View Item