PENGARUH PERSEPSI SISWA MENGENAI KOMPETENSI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI JASA DAN DAGANG MELALUI MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK PGRI BATANG


Maulana Taufiqur Riski, 7101411376 (2015) PENGARUH PERSEPSI SISWA MENGENAI KOMPETENSI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI JASA DAN DAGANG MELALUI MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK PGRI BATANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101411376-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Observasi awal di SMK PGRI Batang diperoleh data bahwaprestasi belajar mata pelajaran akuntansi jasa dan dagang di kelas XI Akuntansi belum optimal. Prestasi belajar dipengaruhi oleh faktor intern dan ekstern. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh langsung persepsi siswa mengenai kompetensi guru terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi jasa dan dagang maupun melalui motivasi belajar, menganalisis pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajarmata pelajaran akuntansi jasa dan dagang, dan menganalisis pengaruh persepsi siswa mengenai kompetensi guru terhadap motivasi belajar.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi SMK PGRI Batang tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 113 siswa. Jumlah sampel sebanyak 88 siswa yang diambil menggunakan teknik nonprobability samplingdengan samplingkuota. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan analisis jalur serta uji sobel.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara signifikan persepsi siswa mengenai kompetensi guru terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi jasa dan dagang sebesar 9,5%, terdapat pengaruh secara signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi jasa dan dagang sebesar 24,3%, terdapat pengaruh secara signifikan persepsi siswa mengenai kompetensi guru terhadap motivasi belajar sebesar 14,2%, dan terdapat pengaruh secara signifikan persepsi siswa mengenai kompetensi guru terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansijasa dan dagang melalui motivasi belajar sebagai variabel intervening sebesar 3,5%.Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh langsung persepsi siswa mengenai kompetensi guru terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi jasadan dagang maupun melalui motivasi belajar. Selanjutnya terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajarmata pelajaran akuntansi jasa dan dagang, serta terdapat pengaruh persepsi siswa mengenai kompetensi guru terhadap motivasi belajar. Saranyang diberikan dalam penelitian ini adalah guru harus meningkatkan kompetensi yang dimiliki dan siswa harus meningkatkan motivasi belajar didalam dirinya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Guru, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 19:59
Last Modified: 13 Nov 2015 19:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22271

Actions (login required)

View Item View Item