KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN TPS BERORIENTASI PISA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA SMP MATERI POKOK KUBUS DAN BALOK


Tintrim Sri Rejeki, 4101411110 (2015) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN TPS BERORIENTASI PISA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA SMP MATERI POKOK KUBUS DAN BALOK. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4101411110-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pembelajaran TPS berorientasi PISA terhadap kemampuan literasi matematika siswa SMP kelas VIII pada materi kubus dan balok ditinjau dari ketuntasan klasikal dan individual serta perbandingan hasil tes kemampuan literasi matematika siswa dengan model pembelajaran ekspositori. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ngadirejo tahun pelajaran 2014/2015. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling. Berdasarkan teknik cluster random sampling dalam penelitian ini, terpilih 30 siswa pada kelas VIII D sebagai kelompok eksperimen yang akan diberikan perlakuan berupa model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) berorientasi PISA dan 31 siswa pada kelas VIII E sebagai kelompok kontrol yang akan diberikan perlakuan berupa pembelajaran ekspositori. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, tes tertulis dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes tertulis serta lembar observasi aktivitas siswa dan keterlaksanaan pembelajaran. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji rata-rata dan uji proporsi pada kelas eksperimen, uji perbedaan dua rata-rata dan uji perbedaan dua proporsi. Hasil analisis data akhir diperoleh bahwa: (1) rata-rata nilai kemampuan literasi matematika siswa pada kelas eksperimen mencapai kriteria ketuntasan literasi matematika individual; (2) proporsi siswa pada kelas eksperimen telah mencapai mencapai kriteria ketuntasan literasi matematika secara klasikal; (3) rata-rata nilai tes kemampuan literasi matematika siswa pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol; (4) proporsi siswa pada kelas eksperimen yang mencapai kriteria ketuntasan literasi matematika lebih baik daripada kelas kontrol; dan (5) aktivitas siswa dalam proses literasi matematika pada kelas eksperimen cukup tinggi. Simpulan dari penelitian ini adalah TPS berorientasi PISA efektif terhadap kemampuan literasi matematika siswa SMP pada materi kubus dan balok. Bagi peneliti lain yang tertarik menggunakan model pembelajaran TPS berorientasi PISA disarankan untuk dapat mengatur waktu secara efektif agar dapat mencapai sasaran yang diinginkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran TPS, PISA, kemampuan literasi matematika
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: erni setyaningsih unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 19:57
Last Modified: 13 Nov 2015 19:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22270

Actions (login required)

View Item View Item