PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP CIRCULAR FLOW DIAGRAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA MONOPOLI PADA SISWA KELAS X LINTAS MINAT-2SMA N 1 BANGSRI(Studi PadaTahun Ajaran2014/2015)

Adhitya Revangga, 7101411368 (2015) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP CIRCULAR FLOW DIAGRAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA MONOPOLI PADA SISWA KELAS X LINTAS MINAT-2SMA N 1 BANGSRI(Studi PadaTahun Ajaran2014/2015). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2081Kb)

    Abstract

    Pembelajarankonsep circular flow diagram pada siswa kelas X Lintas Minat-2 SMA N 1 Bangsri belum menunjukkan hasil yang maksimalmeskipuntelah menggunakan pendekatan ilmiah atau scientific berbantu media powerpoint. Dibuktikan dengan nilai ulangan harian pada materi pokok analisis pelaku kegiatan yang hanya menuntaskan 50% dari total keseluruhan siswa,yaitu 26 anak. Hal ini disebabkan tidak terpenuhinyanilai-nilaiscientificseperti mengamati, menanya, mencoba, menalar, menyimpulkansecara keseluruhanmelalui media powerpoint. Penggunaan strategi pembelajarantersebut diduga kurang tepat dalam mencapai tujuan pembelajarancircular flow diagram. Peneliti melaksanakan tindakan kelas melalui model pembelajaran role playingberbantuan media monopoli sebagai upaya memperbaiki kualitas pembelajarandengan meningkatkanaktivitas dan pemahaman siswa akan konsep circular flow diagram.Model role playing berbantuan media monopoli dipilih sebagai saranabagi siswa dalam memenuhi kelima nilai scientific tersebut. Siswa diajak mencoba maupun menalar konsep circular flow diagram melalui bermainan peran yang dituangkan dalam permainan monopoli supaya lebih efisien dalam pelaksanaannya. Subjek penelitian yaitusiswa kelas X LintasMinat-2 SMA N 1Bangsri tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklus meliputi proses perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Intrumen yang digunakan berupa lembarobservasiaktivitas dan penilaian pemahaman siswa selama proses pembelajaran menggunakan model role playing berbantuan media monopoli.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas scientific siswa meliputi kelima nilai tadi. Pada siklus I diketahui rata-rata aktivitas scientific siswa sebesar 61% dan berhasil ditingkatkan pada siklus II menjadi 82%. Kemudian pemahaman konsep circular flow diagram juga meningkat dari siklus I dengan rata-rata skor pemahaman dalam kriteria baik dan berhasil meningkat pada siklus II dalam kriteria sangat baik.Hal ini dibarengi dengan peningkatan ketuntasan klasikal pada siklus I mencapai 73% menjadi 88% pada siklus II.Berdasarkan hasil penelitian tersebut,dapat disimpulkan bahwa model role playingberbantuan media monopoli mampu meningkatkan aktivitas scientific dan pemahaman siswa kelas X Lintas Minat-2 SMA N 1 Bangsritahun ajaran 2014/2015. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini adalah menggunakan model pembelajaran role playingberbantuan media monopoli pada pembelajaran circular flow diagram selanjutnya

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Circular Flow Diagram, Role playing,Monopoli
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
    Depositing User: ahmad sanusi unnes
    Date Deposited: 13 Nov 2015 14:55
    Last Modified: 13 Nov 2015 14:55

    Actions (login required)

    View Item