PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA MELALUI KEPUASAN ANGGOTA SEBAGAI VARIABEL INTERVENINGDI KUD MAKARYO MINO KOTA PEKALONGAN


Ajeng Kurnia Rahmawati, 7101411364 (2015) PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA MELALUI KEPUASAN ANGGOTA SEBAGAI VARIABEL INTERVENINGDI KUD MAKARYO MINO KOTA PEKALONGAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101411364-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti di KUD Makaryo MinoKota Pekalonganmenunjukkan bahwa loyalitas anggota rendah. Rendahnya loyalitasanggota Makaryo MinoKota Pekalongandiperolehdaridata pembelian barang dan jasa tergolong rendah, kritik dan saran yang masuk ke koperasi yang juga rendah, SHU dan permodalan yang cenderung tinggi, jumlah anggota yang menurun.. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar pengaruh kualitas produk dan pelayanan terhadap loyalitas anggota KUD Makaryo Mino Kota Pekalongan melalui kepuasan anggota sebagai variabel intervening baik secara parsial maupun secara simultan.Populasi penelitian anggota KUD Makaryo Mino Kota Pekalonganberjumlah 1338orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik wilayah secara acak atau area probability random samplingdengan jumlah total sampel 93responden yang dipilih secara acak melalui 4 daerah kerja nelayan. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif presentase dan analisis jalur/path analysis.Hasil analisis deskriptif pada variabel loyalitas anggota (Y) diperoleh rata-rata skor klasikal sebesar 5dengan kriteria kurang, sedangkan pada variabel kualitas produk (X1) diperoleh rata-rata skor klasikal sebesar 38 dengan kriteria baik. Pada variabel kualitaspelayanan(X2)diperoleh rata-rata skor klasikal 42 dengan kriteria baikdan kepuasan anggota sebagai variabel intervening diperoleh rata-rata skor klasikal sebesar 17 dengan kriteria kurang puas. Pada hasil analisis jalurmenunjukkan bahwa kualitas produk memiliki pengaruh langsung terhadap loyalitas anggota sebesar 11% dan pengaruh tidak langsung terhadap loyalitas sebesar 8%, total pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas anggota sebesar 19%. Sedangkan besarnya pengaruh langsung pelayanan terhadap loyalitas anggota KUD Makaryo Mino Kota Pekalongan sebesar 6% dan pengaruh tidak langsung pelayanan terhadap loyalitas anggota sebesar 17%, total pengaruh pelayanan terhadap loyalitas anggota KUD Makaryo Mino Kota Pekalongan sebesar 23%.Simpulan dari penelitian ini adalah kualitas produk dan kualitas pelayanan berpengaruh positif secara langsung terhadap loyalitas anggota dan berpengaruh positif secara tidak langsung terhadap loyalitas anggota melalui kepuasan anggota sebagai variabel intervening. Sehingga dapat disarankan KUD Makaryo Mino agar terus meningkatkan kualitas produk dan kualitas pelayanan untuk menngkatkan loyalitas anggota.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Anggota, Loyalitas Anggota
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 19:50
Last Modified: 13 Nov 2015 19:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22263

Actions (login required)

View Item View Item