KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN PBL DENGAN PENDEKATAN PMRI BERBANTUAN MEDIA EDMODO PADA PENCAPAIAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA PADA KONTEN CHANGE AND RELATIONSHIPS


Fidyan Fauziyyah Zain, 4101411090 (2015) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN PBL DENGAN PENDEKATAN PMRI BERBANTUAN MEDIA EDMODO PADA PENCAPAIAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA PADA KONTEN CHANGE AND RELATIONSHIPS. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4101411090-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran matematika dikatakan berhasil apabila siswa dapat memahami konsep, prosedur, dan fakta untuk menggambarkan, menjelaskan suatu fenomena. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil penerapan pembelajaran PBL dengan pendekatan PMRI berbantuan media Edmodo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Semarang tahun ajaran 2014/2015. Dengan teknik cluster random sampling, terpilih kelas VIIIG sebagai kelas yang dikenai pembelajaran model PBL dengan pendekatan PMRI berbantuan media Edmodo (kelas eksperimen 1), kelas VIIIH sebagai kelas yang dikenai pembelajaran model PBL dengan pendekatan PMRI (kelas eksperimen 2), VIIIF sebagai kelas yang dikenai pembelajaran dengan model ekspositori (kelas kontrol). Penelitian ini merupakan jenis penelitian mix method dengan model Concurrent Embedded. Kelompok sampel diberi pretes dan postes dengan instrumen yang sama.Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji rata-rata, uji proporsi, ANAVA, uji LSD, dan Gain Ternormalisasi. Simpulan yang diperoleh adalah: (1) rata-rata kemampuan literasi matematis siswa lebih dari sama dengan nilai KKM; (2) kemampuan literasi matematis siswa pada pembelajaran PBL dengan pendekatan PMRI berbantuan mediaEdmodo mencapai ketuntasan klasikal; (3) kemampuan literasi matematis siswa pada pembelajaran PBL dengan pendekatan PMRI berbantuan mediaEdmodo lebih baik daripada kemampuan literasi matematis siswa pada pembelajaran PBL dengan pendekatan PMRI; (4) kemampuan literasi matematis siswa kelas eksperimen pembelajaran PBL dengan pendekatan PMRI berbantuan mediaEdmodo lebih baik daripada kemampuan literasi matematis siswa pada pembelajaran PBL dengan pendekatan PMRI; (5) ada peningkatan kemampuan literasi matematis siswa pada pembelajaran PBL dengan pendekatan PMRI berbantuan mediaEdmodo; (6) kualitas pembelajaran pada pembelajaran PBL dengan pendekatan PMRI berbantuan mediaEdmodo dan pada pembelajaran PBL dengan pendekatan PMRI termasuk dalam kategori baik; (7) kemampuan literasi matematis siswa melalui pembelajaran model PBL dengan pendekatan PMRI berbantuan media Edmodo belum memenuhi semua komponen proses pada literasi matematis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Pendekatan PMRI, Edmodo, kemampuan literasi matematis, Change and Relationships
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: erni setyaningsih unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 19:48
Last Modified: 13 Nov 2015 19:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22258

Actions (login required)

View Item View Item