PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PREZI, TEMAN SEBAYA, DAN KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJARMATA PELAJARAN AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK N 1 PATITAHUN AJARAN 2014/2015


Bagas Abima Adi, 7101411352 (2015) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PREZI, TEMAN SEBAYA, DAN KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJARMATA PELAJARAN AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK N 1 PATITAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101411352-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal di SMK N 1 Pati, diketahui bahwa siswa mempunyai hasil belajar mata pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa yang termasuk kategori rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Prezi, teman sebaya, dan kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar mata pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa baik secara simultan maupun parsial.Populasi pada penelitian ini, yaitu seluruh siswa kelas X program keahlian Akuntansi SMK N 1 Pati yang diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Metode pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi dan angket. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan statistik inferensial.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan media pembelajaran Prezi, teman sebaya, dan kondisi sosial ekonomi orang tua berpengaruh positif terhadap hasil belajar mata pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa sebesar 68,2%. Secara parsial media pembelajaran Preziberpengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa sebesar 21,34%. Teman sebaya berpengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa sebesar 3,38%, dan kondisi sosial ekonomi orang tua berpengaruh hasil belajar mata pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa sebesar 20,43%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Prezi, teman sebaya, dan kondisi sosial ekonomi orang tua berpengaruh positif terhadap hasil belajar mata pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa baik secara simultan maupun parsial. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah dalam proses pembelajaran hendaknya meningkatkan inovasi penggunaan media pembelajaran Prezi; meningkatkan kualitas pertemanan sebaya; orang tua diharapkan meningkatkan kualitas kondisi sosial ekonominya; dan melaluiguru dalam kegiatan pembelajaran mampu memberikan dorongan kepada siswa untuk lebih aktif dalam proses belajar mengajar

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Prezi, Teman Sebaya, Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua, dan Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 19:21
Last Modified: 13 Nov 2015 19:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22238

Actions (login required)

View Item View Item