PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PREZI, TEMAN SEBAYA, DAN KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJARMATA PELAJARAN AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK N 1 PATITAHUN AJARAN 2014/2015
Bagas Abima Adi, 7101411352 (2015) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PREZI, TEMAN SEBAYA, DAN KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJARMATA PELAJARAN AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK N 1 PATITAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan observasi awal di SMK N 1 Pati, diketahui bahwa siswa mempunyai hasil belajar mata pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa yang termasuk kategori rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Prezi, teman sebaya, dan kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar mata pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa baik secara simultan maupun parsial.Populasi pada penelitian ini, yaitu seluruh siswa kelas X program keahlian Akuntansi SMK N 1 Pati yang diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Metode pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi dan angket. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan statistik inferensial.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan media pembelajaran Prezi, teman sebaya, dan kondisi sosial ekonomi orang tua berpengaruh positif terhadap hasil belajar mata pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa sebesar 68,2%. Secara parsial media pembelajaran Preziberpengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa sebesar 21,34%. Teman sebaya berpengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa sebesar 3,38%, dan kondisi sosial ekonomi orang tua berpengaruh hasil belajar mata pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa sebesar 20,43%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Prezi, teman sebaya, dan kondisi sosial ekonomi orang tua berpengaruh positif terhadap hasil belajar mata pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa baik secara simultan maupun parsial. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah dalam proses pembelajaran hendaknya meningkatkan inovasi penggunaan media pembelajaran Prezi; meningkatkan kualitas pertemanan sebaya; orang tua diharapkan meningkatkan kualitas kondisi sosial ekonominya; dan melaluiguru dalam kegiatan pembelajaran mampu memberikan dorongan kepada siswa untuk lebih aktif dalam proses belajar mengajar
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Prezi, Teman Sebaya, Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua, dan Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | ahmad sanusi unnes |
Date Deposited: | 13 Nov 2015 19:21 |
Last Modified: | 13 Nov 2015 19:21 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22238 |
Actions (login required)
View Item |