PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DENGAN MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN SISTEM PERTAHANAN TUBUH


Asti Andarti, 4401411139 (2015) PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DENGAN MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN SISTEM PERTAHANAN TUBUH. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4401411139-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran inkuiri terbimbing berpusat pada siswa dan menekankan proses sains. Pembelajaran inkuiri terbimbing lebih bermakna bila menggunakan mind mapping. Penelitian bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model inkuiri terbimbing dengan mind mapping pada pembelajaran sistem pertahanan tubuh di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental design dengan menggunakan control group pretest-posttest. Penelitian dilakukan di SMA Negeri Sumpiuh, sampel dipilih dengan teknik purposive sampling sejumlah dua kelas. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan mind mapping, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode diskusi dengan mind mapping. Data yang diambil adalah hasil belajar kognitif, keterampilan proses dan mind map. Data hasil belajar kognitif siswa diuji dengan independent samples t test, peningkatan hasil belajar ( N-gain) dan ketuntasan klasikal. Data keterampilan proses sains dianalisis dengan membandingkan nilai aspek kedua kelas. Data keterampilan proses sains dan mind map masing-masing juga dianalisis menggunakan uji korelasi dan regresi terhadap nilai posttest menggunakan software SPSS versi 16. Indikator efektivitas pada penelitian ini adalah hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen berbeda dengan kelas kontrol secara signifikan, ketuntasan belajar kognitif siswa kelas eksperimen mencapai KKM (76) ≥ 75%, rata-rata peningkatan hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Hasil perhitungan uji t menunjukkan hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen berbeda dengan kelas kontrol secara signifikan. Ketuntasan belajar kognitif siswa kelas eksperimen secara klasikal mencapai KKM sebesar 84,62 % . Perhitungan N-gain menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen (0,67) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (0,54). Hasil uji korelasi dan regresi menunjukkan keterampilan proses sains mempengaruhi hasil belajar kognitif sedangkan mind mapping tidak mempengaruhi hasil belajar kognitif siswa. Disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan mind mapping efektif diterapkan pada pembelajaran sistem pertahanan tubuh.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Inkuiri terbimbing, mind mapping, keterampilan proses sains
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 19:11
Last Modified: 13 Nov 2015 19:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22235

Actions (login required)

View Item View Item