PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN FLASH PADA HASIL BELAJAR SISWA MATERI INVERTEBRATA


Puryati, 4401411122 (2015) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN FLASH PADA HASIL BELAJAR SISWA MATERI INVERTEBRATA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4401411122-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran biologi belum menerapkan pendekatan saintifik dalam proses belajar mengajar. Pendekatan saintifik mampu meningkatkan retensi informasi dari guru yang diterima oleh siswa. Materi invertebrata butuh media yang mampu memberikan gambaran nyata spesies anggota invertebrata kepada siswa. Flash dilengkapi dengan animasi, audio dan evaluasi sehingga efektif untuk mempelajari invertebrata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik berbantuan Flash terhadap hasil belajar siswa materi invertebrata. Penelitian ini menggunakan rancangan Pre-Experiment Design, dengan menggunakan pola Nonequivalent Posttest Only Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Teuku Umar Semarang, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah Kelas X-1 (kelompok eksperimen) dan kelas X-2 (kelompok kontrol). Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Sampling dengan memandang kelas sebagai sebuah kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 73,3% siswa kelompok eksperimen mampu memenuhi KKM (nilai 75). Hasil ini belum mencapai target penelitian yaitu ≥75% siswa memperoleh nilai ≥75. Kelompok kontrol memperoleh hasil lebih rendah dari kelompok eksperimen, yaitu hanya 53,84% siswa yang mampu mencapai KKM. Keaktifan siswa pada kelompok eksperimen pun lebih baik dibandingkan dengan kelompok kontrol yaitu sebesar 89,71% pada kelompok eksperimen dan 72,2% pada kelompok kontrol. Uji hipotesis pengaruh pendekatan saintifik berbantuan Flash terhadap hasil belajar siswa diperoleh nilai Sig. (2-tailed) = 0,034 < α= 0,05. Demikian halnya pada hasil uji Z diperoleh hasil nilai Z hitung > -Z tabel, yaitu -0,204 > -1,64. Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan saintifik berbantuan Flash berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh berupa peningkatan jumlah siswa yang mencapai KKM dan peningkatan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik berbantuan Flash. Saran untuk penelitian selanjutnya yaitu pahami karakteristik masing-masing siswa dan persiapkan dengan seksama segala prasarana yang dibutuhkan dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Saintifik, Flash, Invertebrata, Hasil Belajar Siswa
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 19:04
Last Modified: 13 Nov 2015 19:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22233

Actions (login required)

View Item View Item