PEMBELAJARAN KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI (KKPI) KELAS X JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORANDI SMK PGRI 01 SEMARANG


Mirana Sari, 7101411347 (2015) PEMBELAJARAN KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI (KKPI) KELAS X JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORANDI SMK PGRI 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101411347-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang“Pembelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) Kelas X di SMK PGRI 01 Semarang.”Latar belakang dari penelitian ini berdasarkan observasi yang menunjukkan adanya ketidaksiapan baik dari personal, sarana prasarana, serta belum optimalnya pelaksanaan proses pembelajaran. Di SMK PGRI 01 Semarang.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pembelajaran KKPI dilihat dari sudut perencanaan/persiapan, pelaksanaan, dan hasil pembelajaran (output) sehingga dapat dilakukan penelitian kualitatif dengan mendeskripsikan pembelajaran KKPI sebagai rekomendasi peningkatan mutu pendidikan.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mendeskripsikan pembelajaran KKPI kelas X.Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Prosedur penelitian ini meliputi tahap pra-lapangan, tahap pekerjaan lapangan, dan tahap analisis data.Hasil penelitian yang diperoleh pada perencanaan dan persiapan pembelajaran KKPI adalah guru membuat perencanaan pembelajaran seperti program tahunan, program semester, silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai dengan pedoman dengan mengacu pada kurikulum yang dipakai sekolah yaitu kurikulum KTSP. Dalam menyusun perangkat guru juga mengacu perangkat sebelumnya kemudian direvisi sendiri. Untuk pelaksanaannya guru sudah cukup mampu mengaplikasikan kegiatan sesuai dengan yang direncanakan dalam RPP, meskipun dalam pelaksanaan proses pembelajaran masih ada beberapa kegiatan yang tidak dilakukan sesuai dengan RPP. Hasil pembelajaran (output)berupa hasil belajar siswa secara keseluruhan nilai yang diperoleh siswa jurusan Administrasi Perkantoran dalam nilai tes tertulis saat Ulangan Tengah Semester maupun Ulangan Kenaikan Kelas nilai siswa secara secara menyeluruh dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) kemudian di hasil keseluruhan nilai akhir siswa menjadi di atas KKM. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa dalam perencanaandan persiapan, guru mata pelajaran sudah cukup baik dalam membuat perangkat perencanaan pembelajaran sesuai dengan pedoman dan Kurikulum yang dipakai sekolah yakni KTSP. Kemudian untuk pelaksanaan proses pembelajaran sebaiknya guru bersikap konsisten dalam mengaplikasikan kegiatan sesuai perencanaan. Dalam hasil pembelajaran yang berupa nilai siswa kelas X, perlu dirinci secara sistematik dan terprogram lagi sehingga guru lebih mengetahui perkembangan siswa di setiap Kompetensi Dasar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 19:01
Last Modified: 13 Nov 2015 19:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22232

Actions (login required)

View Item View Item