PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYUSUN TEKS CERITA PENDEK DENGAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) MENGGUNAKAN MEDIA PUZZLE PADA PESERTA DIDIK KELAS VII D SMP MUHAMMADIYAH 1 KUDUS


Reni Virnatun, 2101411118 (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYUSUN TEKS CERITA PENDEK DENGAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) MENGGUNAKAN MEDIA PUZZLE PADA PESERTA DIDIK KELAS VII D SMP MUHAMMADIYAH 1 KUDUS. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2101411118-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Keterampilan menyusun teks cerita pendek pada peserta didik kelas VII D SMP Muhammadiyah 1 Kudus masih terbilang sangat kurang dan nilainya masih di bawah KKM yang telah ditentukan yaitu 2,67. Peserta didik yang masih belum dapat mencapai KKM merasa bahwa pembelajaran menyusun teks cerita pendek terbilang sulit. Sementara itu, guru dalam membelajarkan keterampilan menyusun teks cerita pendek pada peserta didik tidak menggunakan model dan media pembelajaran yang variatif. Kesulitan yang dialami peserta didik dalam pembelajaan menyusun teks cerita pendek yaitu peserta didik sulit untuk mengembangkan ide atau gagasannya dalam menyusun teks cerita pendek yang runtut dan kreatif. Oleh karena itu, dalam proses pembelajaran menyusun teks cerita pendek perlu diterapkannya model dan media yang sesuai agar peserta didik lebih tertarik, aktif, dan senang mengikuti proses pembelajaran di dalam kelas. Salah satu model dan media yang dapat digunakan dalam pembelajaran menyusun teks cerita pendek yaitu model CIRC dan media puzzle. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini antara lain: 1) bagaimana perubahan sikap religius peserta didik, 2) bagaimana perubahan sikap sosial peserta didik, 3) bagaimana proses pembelajaran menyusun teks cerita pendek dengan model CIRC menggunakan media puzzle, dan 4) bagaimana peningkatan keterampilan menyusun teks cerita pendek peserta didik kelas VII D SMP Muhammadiyah 1 Kudus. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan perubahan sikap religius peserta didik, 2) mendeskripsikan perubahan sikap sosial peserta didik, 3) mendeskripsikan proses pembelajaran menyusun teks cerita pendek dengan model CIRC menggunakan media puzzle, dan 4) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menyusun teks cerita pendek peserta didik kelas VII D SMP Muhammadiyah 1 Kudus. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, tidakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII D SMP Muhammadiyah 1 Kudus dengan jumlah 29 peserta didik. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu keterampilan menyusun teks cerita pendek dan variabel model CIRC menggunakan media puzzle. Penggumpulan data pada siklus I dan siklus II menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa iii keterampilan menyusun teks cerita pendek dengan model CIRC menggunakan media puzzle. Teksnik nontes berupa lembar obeservasi, jurnal peserta didik, jurnal guru, wawancara, dan dokumentasi foto. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis data pada penelitian siklus I dan siklus II diperoleh 1) perubahan sikap religius pada peserta didik yaitu dari modus 3,00 dengan frekuensi 19 peserta didik, mengalami peningkatan menjadi modus 4,00 dengan frekuensi 18 peserta didik, 2) perubahan sikap sosial pada peserta didik dari beberapa sikap sosial yang telah diamati dan dianalisis mengalami peningkatan menjadi lebih baik dari siklus I ke siklus II, 3) peningkatan proses pembelajaran pada peserta didik menjadi lebih baik dari siklus I ke siklus II, peningkatan ini ditunjukkan dengan peserta didik menjadi lebih tertarik mengikuti pembelajaran, lebih antusias dan kreatif dalam pembelajaran menyusun teks cerita pendek, dan 4) keterampilan peserta didik dalam menyusun teks cerita pendek mengalami peningkatan yang cukup baik yaitu dari nilai rerata optimum pada siklus I 3,68 kategori (A-) menjadi 3,76 kategori (A-) pada siklus II. Berdasarkan dari hasil penelitian tersebut, peneliti berharap penelitian yang telah dilakukan ini dapat bermanfaat bagi guru bahasa Indonesia untuk dapat mengembangkan pembelajaran dengan memanfaatkan model CIRC menggunakan media puzzle sebagai strategi pembelajaran alternatif dalam menyusun teks cerita pendek

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menyusun teks cerita pendek, model CIRC, media puzzle.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 18:59
Last Modified: 13 Nov 2015 18:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22231

Actions (login required)

View Item View Item