PERAN KEMAMPUAN BERADAPTASISEBAGAI INTERVENING DALAM PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, LINGKUNGAN SEKOLAH DAN LINGKUNGAN MASYARAKAT TERHADAPHASIL BELAJAR EKONOMI SISWAKELAS XI IIS SMA N 1 DEMAK


ISMAWATI, 7101411344 (2015) PERAN KEMAMPUAN BERADAPTASISEBAGAI INTERVENING DALAM PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, LINGKUNGAN SEKOLAH DAN LINGKUNGAN MASYARAKAT TERHADAPHASIL BELAJAR EKONOMI SISWAKELAS XI IIS SMA N 1 DEMAK. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101411344-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Observasiawal di SMA Negeri 1 Demak, diketahui bahwa hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IIS masih belum optimal. Tujuandalam penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh langsung lingkungan keluarga terhadap hasil belajar ekonomi maupun pengaruh tidak langsung yangmelalui kemampuan beradaptasi, menganalisis pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar ekonomi maupun pengaruh tidak langsung melalui kemampuan beradaptasi. Selanjutnya untuk menganalisis pengaruh lingkungan masyarakat terhadap hasil belajar ekonomi maupun pengaruh tidak langsung melalui kemampuan beradaptasi.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Demak tahun ajaran 2014/2015. Sampel yang diambil adalah seluruh populasi sebanyak 91 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis jalurdan sobel test.Hasil penelitian menunjukkan(1) terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan keluarga, lingkungan sekolahserta kemampuan beradaptasiterhadap hasil belajar ekonomi siswa, (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, sertalingkungan mayarakat terhadapkemampuan beradaptasi siswa,(3) tidak terdapat pengaruh lingkungan masyarakat terhadap hasil belajar ekonomi siswa, (4) kemampuan beradaptasi tidak signifikan menjadi variabel intervening lingkungan sekolah terhadap hasil belajar ekonomi siswa, (5) kemampuan beradaptasi secara signifikan berperan menjadi variabel interveningpengaruh lingkungan keluarga, dan lingkungan masyarakat terhadap hasil belajar ekonomi siswa.Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa kemampuan beradaptasi berperan sebagai intervening pengaruh lingkungan keluarga, dan lingkungan masyarakat terhadap hasil belajar ekonomi siswa. Saran yang dapat diberikan adalah pihak keluarga dan pihak sekolah mampu melakukan perbaikan kualitas lingkungan keluarga maupun lingkungan sekolah untuk meningkatkan kemampuan beradaptasi siswa sehingga mampu meningkatkan hasil belajar ekonomi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Beradaptasi, Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sekolah, Lingkungan Masyarakat, dan Hasil Belajar Ekonomi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 18:58
Last Modified: 13 Nov 2015 18:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22230

Actions (login required)

View Item View Item