PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI QUESTION STUDENT HAVE (QSH), MEDIA INTERAKTIF EKOSISTEM, DAN KOMBINASINYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA


Lady Rahmawati, 4401411112 (2015) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI QUESTION STUDENT HAVE (QSH), MEDIA INTERAKTIF EKOSISTEM, DAN KOMBINASINYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4401411112-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Upaya peningkatan kualitas pendidikan sekarang ini terus dikembangkan dengan cara melibatkan peran serta siswa agar aktif dalam proses belajar mengajar. Question Student Have (QSH) merupakan salah satu strategi pem- belajaran aktif yang menggunakan tehnik untuk memicu partisipasi siswa lewat tulisan. Media interaktif berupa flash digunakan untuk melengkapi kekurangan ruang dan waktu pembelajaran ekosistem. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh penggunaan strategi QSH, media interaktif ekosistem, dan kombinasi keduanya dan menentukan manakah yang paling optimal digunakan pada pembelajaran ekosistem. Penelitian ini menggunakan rancangan Pre-Experiment Design, dengan menggunakan pola Pretest-Posttest Group Design. Populasi penelitian terdiri atas seluruh siswa kelas X SMA PGRI 2 Kayen yang terdiri atas 7 kelas dengan 3 kelas sampel yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah hasil belajar kognitif dan afektif yang diukur menggunakan teknik tes dan non tes. Data yang diperoleh kemudian diukur menggunakan anova, n-gain, dan ketuntasan klasikal. Hasil penelitian me- nunjukkan sebanyak 60% siswa kelas QSH, 82% siswa kelas flash, 100% siswa kelas kombinasi lulus KKM. Rata-rata n-gain ketiga kelas eksperimen mencapai kriteria sedang, dan hasil belajar afektif siswa mencapai kategori baik. Hasil uji hipotesis dilanjutkan dengan uji lanjut BNT menunjukkan bahwa kelas kombinasi paling optimal digunakan dalam pembelajaran ekosistem dibandingkan kedua kelas lainya. QSH yang dikombinasikan dengan flash menambah pemahaman siswa dengan pertanyaan yang dijawab langsung oleh siswa ditambah dengan meningkatnya minat dan motivasi siswa dengan flash yang digunakan sebagai media.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Strategi Question Student Have, media interaktif, hasil belajar siswa, ekosistem
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: sumarsono mahasiswa unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 19:01
Last Modified: 13 Nov 2015 19:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22229

Actions (login required)

View Item View Item