PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMPRODUKSI TEKS EKSPOSISI SECARA LISAN DENGAN POLA KOLABORATIF THINK PAIR SHARE MELALUI MEDIA VIDEO PADA PESERTA DIDIK KELAS X IPA B SMA SEMESTA SEMARANG
Muhammad Dzikri Fadlilhaqqi, 2101411101 (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMPRODUKSI TEKS EKSPOSISI SECARA LISAN DENGAN POLA KOLABORATIF THINK PAIR SHARE MELALUI MEDIA VIDEO PADA PESERTA DIDIK KELAS X IPA B SMA SEMESTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Berbicara merupakan keterampilan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari untuk mengungkapkan, menyampaikan, mengutarakan gagasan atau informasi. Oleh karena itu, keterampilan berbicara menjadi keterampilan yang harus dikuasai dengan baik oleh seseorang. Dalam upaya meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik khususnya pada teks eksposisi secara lisan, mereka perlu dilatih sebaik-baiknya melalui peningkatan peran guru dalam memilih model atau pola kolaboratif dan media pembelajaran yang inovatif dan kreatif agar peserta didik termotivasi dalam pembelajaran berbicara. Berdasarkan hal tersebut, rumusan masalah penelitian ini, yaitu 1) bagaimanakah proses peningkatan memproduksi teks eksposisi secara lisan dengan pola kolaboratif think pair share melalui media video pada peserta didik kelas X IPA B SMA Semesta Gunungpati Semarang; 2) bagaimanakah perubahan sikap religius peserta didik kelas X IPA B SMA Semesta setelah mengikuti pembelajaran memproduksi teks eksposisi secara lisan dengan pola kolaboratif think pair share melalui media video; 3) bagaimanakah perubahan sikap sosial (jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab) peserta didik kelas X IPA B SMA Semesta setelah mengikuti pembelajaran memproduksi teks eksposisi secara lisan dengan pola kolaboratif think pair share melalui media video; 4) bagaimanakah peningkatan pengetahuan memproduksi teks eksposisi secara lisan dengan pola kolaboratif think pair share melalui media video pada peserta didik kelas X IPA B SMA Semesta Gunungpati Semarang; 5) Bagaimanakah peningkatan keterampilan memproduksi teks eksposisi secara lisan dengan pola kolaboratif think pair share melalui media video pada peserta didik kelas X IPA B SMA Semesta Gunungpati Semarang. Tujuan penelitian ini, yaitu 1) mendeskripsikan proses peningkatan memproduksi teks eksposisi secara lisan dengan pola kolaboratif think pair share melalui media video pada peserta didik kelas X IPA B SMA Semesta Gunungpati Semarang; 2) mendeskripsikan perubahan sikap religius peserta didik kelas X IPA B SMA Semesta setelah mengikuti pembelajaran memproduksi teks eksposisi secara lisan dengan pola kolaboratif think pair share melalui media video; 3) mendeskripsikan perubahan sikap sosial (jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab) peserta didik kelas X IPA B SMA Semesta setelah mengikuti pembelajaran memproduksi teks eksposisi secara lisan dengan pola kolaboratif think pair share iii melalui media video; 4) memaparkan peningkatan pengetahuan memproduksi teks eksposisi secara lisan dengan pola kolaboratif think pair share melalui media video pada peserta didik kelas X IPA B SMA Semesta Gunungpati Semarang; 5) memaparkan peningkatan keterampilan memproduksi teks eksposisi secara lisan dengan pola kolaboratif think pair share melalui media video pada peserta didik kelas X IPA B SMA Semesta Gunungpati Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan pola kolaboratif think pair share dan media video sebagai upaya meningkatan keterampilan memproduksi teks eksposisi secara lisan pada peserta didik kelas X IPA B SMA Semesta. Variabel penelitian ini yaitu variabel keterampilan memproduksi teks eksposisi secara lisan dan variabel pelaksanaan pembelajaran keterampilan memproduksi teks eksposisi secara lisan menggunakan pola kolaboratif think pair share melalui media video. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dan nontes. Instrumen tes berupa tes pengetahuan dan keterampilan, sedangkan instrumen nontes berupa observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini, yaitu peningkatan persentase ketuntasan pada semua aspek. Hasil observasi proses pembelajaran mengalami peningkatan dari 87.25% pada siklus I menjadi 96.15% pada siklus II, sehingga peningkatan yang dialami sebesar 9%. Hasil ini masuk dalam kategori sangat baik. Sikap religius peserta didik mengalami peningkatan dari 90% pada prasiklus menajdi 97.92% pada siklus II, sehingga peningkatan yang dialami sebesar 7.92%. Hasil ini masuk dalam kategori sangat baik. Sikap sosial peserta didik mengalami peningkatan dari 3.55 pada prasiklus menjadi 3.8 pada siklus II, sehingga mengalami peningkatan sebesar 0.25. Hasil ini masuk dalam kategori sangat baik. Rerata tes pengetahuan mengalami peningkatan. Rerata tes pengetahuan meningkat dari 77.3 pada prasiklus menjadi 93.3 pada siklus II, sehingga peningkata yang dialami sebesar 16 poin. Rerata tes keterampilan pun mengalami peningkatan. Rerata tes keterampilan meningkat dari 73.75 pada prasiklus menjadi 83.15 pada siklus II. Tanggapan peserta didik dan guru pun baik dalam pembelajaran memproduksi teks eksposisi secara lisan dengan pola kolaboraatif think pair share melalu media video. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa pola kolaboratif think pair share melalui media video mampu meningkatkan keterampilan memproduksi teks eksposisi secara lisan pada peserta didik kelas X IPA B SMA Semesta Semarang. Peserta didik juga termotivasi dan menunjukkan perkembangan positif dalam pembelajaran. Dengan demikian, peneliti merekomendasikan pada guru bahasa Indonesia untuk mempertimbangkan penggunaan pola kolaboratif think pair share melalui media video dalam pembelajaran memproduksi teks eksposisi secara lisan agar pembelajaran yang dilakukan menjadi lebih optimal.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | memproduksi teks eksposisi, think pair share, video, sikap religius, sikap sosial |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | cahyo fajar unnes |
Date Deposited: | 13 Nov 2015 18:54 |
Last Modified: | 13 Nov 2015 18:54 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22228 |
Actions (login required)
View Item |