PENGEMBANGAN SINEMATISASI CERITA PENDEK BERMUATAN BUDAYA LOKAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN CERITA PENDEK DI SMK


Eka Fitri Syahputraaji, 2101411095 (2015) PENGEMBANGAN SINEMATISASI CERITA PENDEK BERMUATAN BUDAYA LOKAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN CERITA PENDEK DI SMK. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2101411095-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Memahami dan menginterpretasi cerita pendek merupakan kompetensi yang harus dikuasai oleh peserta didik dalam pembelajaran sastra. Pendidik masih menggunakkan media pembelajaran yang konvesional yaitu hanya menggunakan media teks. Peserta didik menjadi bosan dan kurang menyenangi pembalajaran apresiasi cerita pendek sehingga peserta didik tidak mengapresiasi cerita pendek dengan baik. Oleh karena itu, perlu adanya media pembelajaran cerita pendek yang efektif dan menarik di SMK. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kebutuhan media pembelajaran memahami dan menginterpretasi cerita pendek dalam bentuk sinematisasi bermuatan lokal yang sesuai dengan permasalahan serta kebutuhan pendidik dan peserta didik di SMK, (2) Bagaimanakah prototipe media pembelajaran memahami dan menginterpretasi cerita pendek dalam bentuk sinematisasi cerita pendek bermuatan budaya lokal yang sesuai dengan permasalahan dan kebutuhan pendidik dan peserta didik di SMK, (3) Bagaimanakah saran dan penilaian ahli terhadap media pembelajaran memahami dan menginterpretasi cerita pendek dalam bentuk sinematisasi cerita pendek bermuatan budaya lokal yang sesuai dengan permasalahan dan kebutuhan pendidik dan peserta didik di SMK, (4) Bagaimanakah hasil perbaikan media pembelajaran memahami dan menginterpretasi cerita pendek berbentuk sinematisasi cerita pendek bermuatan budaya lokal setelah memperoleh penilaian dan saran dari para ahli. Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui kebutuhan media pembelajaran memahami dan menginterpretasi cerita pendek dalam bentuk sinematisasi cerita pendek bermuatan budaya lokal yang sesuai dengan permasalahan serta kebutuhan pendidik dan peserta didik di SMK, (2) Mengetahui prototipe media pembelajaran memahami dan menginterpretasi cerita pendek dalam bentuk sinematisasi cerita pendek bermuatan budaya lokal yang sesuai dengan permasalahan dan kebutuhan pendidik dan peserta didik di SMK, (3) Mendeskripsikan validasi atau penilaian oleh ahli terhadap media pembelajaran memahami dan menginterpretasi cerita pendek dalam bentuk sinematisasi cerita pendek bermuatan budaya lokal yang sesuai dengan permasalahan dan kebutuhan pendidik dan peserta didik di SMK, (4) Mendeskripsikan hasil perbaikan media pembelajaran memahami dan menginterpretasi cerita pendek berbentuk sinematisasi cerita pendek bermuatan budaya lokal setelah memperoleh penilaian dan saran dari para ahli. x Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Develophment (R&D) yang dikemukakan oleh Borg dan Gall dalam bukunya Sugiyono dan disesuaikan dengan kebutuhan peneliti. Tahapan-Tahapan penelitian tersebut adalah (1) potensi masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain. Sumber data penelitian ini adalah peserta didik dan pendidik. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif. Setelah penelitian ini terlaksana, hasil penelitian yang diperoleh (1) berdasarkan analisis kebutuhan peserta didik dan pendidik terhadap sinematisasi cerita pendek sebagai media pembelajaran cerita pendek di SMK, diketahui bahwa peserta didik dan pendidik membutuhkan warna menarik dan sesuai tema di kotak pembungkus VCD, membutuhkan gambar yang sesuai dengan tema di kotak pembungkus VCD, membutuhkan tulisan judul cerita, pemain, tema, dan pembuat media pembelajaran di kotak pembungkus VCD, membutuhkan sinematisasi cerita pendek berdurasi 15-20 menit, membutuhkan bentuk ilustrasi musik yang membangun suasana, (2) desain sampul dan wadah VCD dirancang dengan penulisan judul yang menggambarkan isi cerita; keseimbangan warna; kombinasi gambar yang menarik; dan penulisan judul, identitas, nama pemain, dan tema menggunakan ukuran huruf yang terlihat jelas dan mudah dibaca; sinematisasi cerita pendek dirancang dengan musik pengiring yang membangun suasana cerita dan membangun suasana pembelajaran; (3) hasil penilaian yang diberikan, yaitu (a) aspek kesesuaian kriteria pemilihan media pembelajaran memperoleh nilai rata-rata 85,1, (b) spek sampul dan wadah VCD memperoleh nilai rata-rata 78,1, (c) aspek kejelasan unsur-unsur cerita pendek memperoleh nilai rata-rata 86,4, (d) aspek kejelasan struktur cerita pendek memperoleh nilai rata-rata 84,9, (e) aspek kesesuaian sinematisasi cerita pendek bermuatan budaya lokal dengan pembelajaran di kelas memperoleh nilai rata-rata 91,6, (f) aspek kesesuaian isi dari sisi sinematografi memperoleh nilai rata-rata 69,2, (g) Aspek kegunaan sinematisasi cerita pendek bermuatan budaya lokal memperoleh nilai rata-rata 64,2. Nilai tersebut diperoleh dari 1 dosen ahli pembelajaran sastra, (4) perbaikan yang dilakukan, yaitu (a) warna sampul diperjelas, diganti dengan mengubah warna agar lebih cerah; logo universitas diganti yang lebih resmi; tulisan nama pemain dipindah ke bagian belakang wadah VCD, (b) perubahan bagian pembuka, perubahan pemeran anak dan simbok, (c) ilustrasi musik tradisi diperkuat, (d) perubahan kostum, make-up, dan gerak tokoh. Saran yang direkomendasikan peneliti adalah (1) pendidik bahasa dan sastra Indonesia di SMK hendaknya dapat menggunakan sinematisasi cerita pendek bermuatan budaya lokal sebagai media pembelajaran cerita pendek di SMK, (2) pendidik hendaknya dapat mengarahkan peserta didik untuk mengetahui dan memahami khasanah budaya lokal karena sangat berguna untuk melestarikan budaya bangsa, (3) Penelitian ini masih perlu dilanjutkan guna menyempurnakan kekurangan pada media pembelajaran cerita pendek tersebut serta perihal yang disebabkan keterbatasan dalam penelitian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: sinematisasi, cerita pendek, media pembelajaran, muatan budaya lokal.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 18:52
Last Modified: 13 Nov 2015 18:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22226

Actions (login required)

View Item View Item