EFEKTIVITAS MODEL LEARNING CYCLE 7E TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSIDI SMK NEGERI 1 SALATIGA


Nur Kayati, 7101411340 (2015) EFEKTIVITAS MODEL LEARNING CYCLE 7E TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSIDI SMK NEGERI 1 SALATIGA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101411340-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan proses pembelajaran di sekolah dapat dilihat dari hasil belajar yang diperoleh peserta didik. Hasil belajar peserta didik kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Salatiga pada pokok bahasan pencatatan transaksi dalam jurnal umum menunjukkan masih banyak yang belum mencapai KKM. Hal ini menjadi salah satu indikasi bahwa pokok bahasan pencatatan transaksi dalam jurnal umum perlu inovasi model pembelajaran agar peserta didik lebih mudah memahami materi.Model Learning Cycle 7Emenjadi salah satu model pembelajaran yang diharapkan efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: (1) penerapan model Learning Cycle 7Edalam meningkatkan hasil belajar akuntansi, (2) penerapan model Learning Cycle 7Elebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran ceramahdalam meningkatkan hasil belajar akuntansi.Penelitian ini menggunakan metodequasiexperimentdengan pola pretest-posttest group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X Akuntansi di SMK Negeri 1 Salatiga tahun pelajaran 2014/2015. Sampel penelitian dipilih secara random yang kemudian diperoleh kelas X Akuntansi 2 sebagai kelas eksperimen dan X Akuntansi 3 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yaitu dengan tes danobservasi. Pengujian H1 yaitu menggunakan uji paired sample t-testdan H2 menggunakan uji independent sample t-test.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar setelah perlakuan dengan menggunakan model Learning Cycle 7Edilihat darirata-rata nilai pre-testyaitu 57,97 dan post-testsebesar 88,00 pada kelas eksperimen. Selain itu juga menunjukkan adanya perbedaan hasil rata-rata nilai post-testkelas eksperimen sebesar 88,00 lebih tinggi dibandingkan post-testkelas kontrol sebesar 83,03.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Learning Cycle 7Edapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pokok bahasan pencatatan transaksi dalam jurnal umum. Kelas eksperimen yang mendapat pembelajaran dengan model Learning Cycle 7Ememperoleh hasil belajar lebih tinggi daripada kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran ceramah. Oleh karena itu, guru disarankan untuk menggunakan model Learning Cycle 7Edalam pembelajaran untuk mempermudah peserta didik dalam memahami materi pencatatan transaksi dalam jurnal umum.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Learning Cycle 7E, Pencatatan Transaksi dalam Jurnal Umum
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 18:49
Last Modified: 13 Nov 2015 18:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22224

Actions (login required)

View Item View Item