PENGARUH PRESTASI BELAJAR, KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA, DAN SELF EFFICACY TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XI IPS MAN 2 SEMARANG TAHUN AJARAN 2014/2015


Muhamad Amiqul Haq, 7101411339 (2015) PENGARUH PRESTASI BELAJAR, KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA, DAN SELF EFFICACY TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XI IPS MAN 2 SEMARANG TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101411339-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan di MAN 2 Semarang menunjukan bahwa dalam kurun waktu 4 tahun terakhir dari tahun ajaran 2010/2011 –2013/2014 terjadi fluktuasi siswa yang melanjutkan studi ke pergurunan tinggi, tercatat selama kurun waktu tersebut siswa kelas XII yang melanjutkan studi ke perguruan tinggi sekitar 43%. Hal ini menunjukan belum maksimalnya tujuan utama lulusan SMA yang diarahkan untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi setelah lulus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh prestasi belajar, kondisi sosial ekonomi orang tua, dan self efficacyterhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi secara simultan maupun parsial.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS MAN 2 Semarang yang berjumlah 115 siswa. Jumlah sampel sebanyak 89 siswa yang diambil menggunakan rumus Isaac dan Michael. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Metode yang digunakan dalam pengambilan data adalah kuesioner dan dokumentasi. Data variabel dianalisis dengan analisis deskriptif dan statistik inferensial.Hasil penelitian ini secara statistik menunjukan bahwa terdapat pengaruh prestasi belajar, kondisi sosial ekonomi orang tua, dan self efficacyterhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi sebesar (33,3%). Pada prestasi belajar berpengaruh terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi sebesar (4,5%), kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi sebesar (15,8%), dan self efficacy berpengaruh terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi sebesar (6,6%).Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif prestasi belajar, kondisi sosial ekonomi orang tua, dan self efficacy terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada siswa kelas XI IPS MAN 2 Semarang baik secara simultan maupun parsial. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah diharapkan siswa untuk meningkatkan prestasi akademik agar memberikan peluang yang lebih besar memasuki perguruan tinggi. Para guru dan orang tua juga hendaknya terus memberikan dorongan kepada siswa agar memiliki keinginan melanjutkan ke perguruan tinggi meski dari latar belakang keluarga yang kurang mampu

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Kondisi Sosial Ekonomi, Self Efficacy, Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 18:44
Last Modified: 13 Nov 2015 18:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22223

Actions (login required)

View Item View Item