PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMPRODUKSI TEKS DESKRIPTIF BERMUATAN NILAI BUDAYA KEBUMEN UNTUK SISWA SMP


Stillia Mubarokah Darojat, 2101411069 (2015) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMPRODUKSI TEKS DESKRIPTIF BERMUATAN NILAI BUDAYA KEBUMEN UNTUK SISWA SMP. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2101411069-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keterampilan memproduksi teks deskriptif siswa SMP adalah terpenuhinya bahan ajar selain buku teks. Selain itu, bahan ajar yang tersedia saat ini kurang dapat memenuhi kebutuhan pembelajaran siswa karena isi yang memuat materi di dalamnya kurang variatif dan kurang mendalam. Selain harus memenuhi karakteristik kurikulum 2013 yaitu berbasis teks, bahan ajar yang digunakan membutuhkan muatan pendidikan karakter. Hal itu dapat diwujudkan salah satunya dengan muatan nilai budaya agar siswa dapat belajar memahami teks sekaligus melestarikan kebudayaan daerah yang ada di Indonesia. Oleh karena itu, perlu dikembangkan bahan ajar memproduksi teks dekriptif untuk siswa SMP bermuatan nilai budaya agar wawasan yang diperoleh dapat berimbang. Bahan ajar yang dikembangkan ini selain dapat digunakan untuk proses pembelajaran di dalam kelas oleh guru, juga dapat digunakan sebagai pegangan siswa dalam belajar menulis teks deskripsi secara mandiri. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana kebutuhan siswa dan guru terhadap bahan ajar pembelajaran memproduksi teks deskriptif bermuatan nilai budaya Kebumen untuk siswa SMP?, (2) bagaimana prinsip-prinsip pengembangan bahan ajar pembelajaran memproduksi teks deskriptif bermuatan nilai budaya Kebumen untuk siswa SMP?, (3) bagaimana prototype bahan ajar pembelajaran teks deskriptif bermuatan nilai budaya Kebumen dengan kebutuhan siswa dan guru SMP untuk pembelajaran memproduksi teks deskriptif?, (4) bagaimana validasi terhadap prototype bahan ajar memproduksi teks deskriptif bermuatan nilai budaya Kebumen untuk siswa SMP? Penelitian ini menggunakan pendekatan R&D (Research and Development) yang dilakukan dalam enam tahap. Tahap tersebut adalah (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi dan perbaikan desain. Subjek dalam penelitian ini adalah 60 siswa kelas VII yang terdiri atas siswa dari SMP 2 Negeri Semarang, SMP 5 Negeri Semarang, dan SMP 21 Negeri Semarang, serta 6 guru yang terdiri atas 2 guru dari sekolah tersebut. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket untuk memperoleh data kebutuhan bahan ajar menulis teks deskriptif bagi siswa kelas VII SMP. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif yaitu mengarah pada proses menyeleksi, memfokuskan, menyederhanakan, dan mentranformasikan data mentah yang ada di lapangan. Keseluruhan dari data inilah akan dikembangkan prototype bahan ajar menulis teks deskriptif bermuatan nilai budaya Kebumen untuk siswa SMP kelas VII. iii Hasil dari penelitian yang telah dilakukan adalah: (1) berdasarkan analisis kebutuhan siswa dan guru terhadap bahan ajar memproduksi teks deskriptif bermuatan nilai budaya adalah: (a) ditinjau dari segi materi, siswa dan guru membutuhkan bahan ajar yang memuat materi, contoh, dan cara menulis teks deskriptif secara runtut di dalamnya, (b) ditinjau dari segi bentuk bahan ajar, siswa dan guru membutuhkan bahan ajar berbentuk buku sebagai bahan tambahan dalam pembelajaran menulis teks deskriptif, (c) ditinjau dari segi kelayakan isi, siswa dan guru membutuhkan bahan ajar berbentuk buku yang sederhana dan memuat satu indikator dengan pembahasan runtut, jelas, dan menarik, (d) ditinjau dari segi grafika, siswa dan guru membutuhkan bahan ajar buki yang memiliki desain sederhana namun tetap elegan dengan tampilan gambar yang disesuaikan dengan karakter siswa kelas VII; (2) berdasarkan prinsip pengembangan bahan ajar terdapat empat dimensi. Dimensi tersebut adalah: (a) dimensi kelayakan isi , (b) dimensi kelayakan penyajian, (c) dimensi kelayakan bahasa, (d) dimensi kelayakan kegrafikaan; (3) berdasarkan prototype bahan ajar, buku bahan ajar disusun dengan ukuran b5 yang berisi 50 halaman. Materi yang terdapat dalam buku bahan ajar disusun berdasarkan analisis angket kebutuhan siswa dan guru serta prinsip pengembangan; (4) berdasarkan hasil penilaian yang diberikan oleh guru dan ahli, dapat disimpulkan sebagai berikut: (a) aspek halaman awal diperoleh nilai rata-rata ahli sebesar 65, dan dari guru sebesar 88,55. Berdasarkan kedua nilai tersebut, diperoleh rata-rata sebesar 76,8, (b) aspek materi diperoleh rata-rata dari ahli sebesar 75, dan dari guru sebesar 87,5. Berdasarkan kedua nilai tersebut diperoleh rata-rata sebesar 84,58, (c) aspek bahasa dan keterbacaan diperoleh rata-rata dari ahli sebesar 75, dan dari guru sebesar 87,5. Berdasarkan kedua nilai tersebut diperoleh rata-rata sebesar 81,25, (d) aspek grafika diperoleh rata-rata dari ahli sebesar 72,5, dan dari guru sebesar 81,25. Berdasarkan kedua nilai tersebut diperoleh rata-rata sebesar 76,8. Saran dari hasil penelitian ini adalah: (1) hendaknya guru dan orang tua senantiasa memberikan pengalaman dan motivasi kepada siswa untuk selalu belajar menulis, dengan memanfaatkan bahan ajar yang telah dikembangkan oleh berbagai penelitian, (2) untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa, hendaknya dalam pembelajaran guru mengembangkan desain pembelajaran menulis yang menarik, menyenangkan, dan mencerdaskan, (3) perlu diadakan penelitian lebih lanjut terhadap bahan ajar menulis teks deskripsi bermuatan nilai budaya untuk melengkapi kekurangan pada bahan ajar tersebut serta untuk menguji keefektifan penggunaan bahan ajar menulis teks deskripsi bermuatan nilai budaya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar, menulis teks deskriptif, nilai budaya.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 18:44
Last Modified: 13 Nov 2015 18:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22221

Actions (login required)

View Item View Item