PENGARUH PEMANFAATAN LABORATORIUM TERHADAP HASILBELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR“MENGIMPLEMENTASIKAN DAN MEMELIHARA SISTEM KEARSIPAN” PROGRAMKEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 1 CEPU TAHUN AJARAN 2015/2016.


Pipit Meillani, 7101411335 (2015) PENGARUH PEMANFAATAN LABORATORIUM TERHADAP HASILBELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR“MENGIMPLEMENTASIKAN DAN MEMELIHARA SISTEM KEARSIPAN” PROGRAMKEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 1 CEPU TAHUN AJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101411335-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan sebagai suatu sistem merupakan suatu keseluruhan fungsional yang terarah pada suatu tujuan. Dalam upaya peningkatan mutu dan kualitas pendidikan, peningkatan dan perombakan komponen terus dilakukan. Begitu pula dengan pemenuhan sarana dan prasarana pendukung pembelajaran salah satunya yaitu fasilitas laboratorium di sekolah menengah kejuruan. Lulusan SMK diharapkan memiliki skill yang kuat agar mampu bersaing di dunia kerja. Keterampilan itu didapat melalui pembelajaran praktek di laboratorium. Oleh karena itu hasil belajar siswa tidak terlepasdari dukungan peran pemanfaatan laboratorium yang baik di sekolah.Permasalahan dalam penelitian ini yaitu, apakah ada pengaruh pemanfaatan laboratorium terhadap hasil belajar siswa pada kompetensi dasar mengimplementasikan dan memelihara sistem kearsipandi SMK Negeri 1 Cepu tahun ajaran 2015/2016.Populasi penelitian ini sebanyak 63 siswa. Peneliti menggunakan seluruh populasi sebagai responden penelitian (penelitian populasi). Data yang dikumpulkan menggunakan metode kuesioner, dokumentasi kemudian analisis dengan analisis deskriptif dan regresi linier sederhana.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan laboratorium AP termasuk dalam kategori baik dengan rata-rata klasikal 66,84% dan hasil belajar termasuk dalam kategori tidak tuntas dengan rat-rata nilai 73 (< 75).Dari kelima indikator pemanfaatan laboratorium, hanya variabel frekuensi kunjungan siswa ke laboratorium yang termasuk dalam kategori kurang baik (50,20%) sedangkan indikator lainnya dalam kategori baik.Berdasarkan hasil analisis datapenelitian tentang pengaruh pemanfaatan laboratorium terhadap hasil belajar di SMK Negeri 1 Cepu yang penulis lakukan, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan pemanfaatan laboratorium terhadap hasil belajar siswa pada kompetensi dasar “mengimplementasikan dan memelihara sistem kearsipan” di SMK Negeri 1 Cepu tahun ajaran 2015/2016, hal ini dapat dilihat dari hasil nilai signifikan (0,000 < α(0,05).Dari hasil penelitian, disarankan bagi sekolah dan khususnya bagi para guru di SMK Negeri 1 Cepu untuk meningkatkan mutu pembelajaran praktek di sekolah dengan memaksimalkan pemanfaatan laboratorium agar siswa termotivasi dan terbantu dalam memahami konsep teori dan mampu mengaplikasikannya dalam bentuk keterampilan agar nantinya mampu mendorong peningkatan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Laboratorium, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 18:31
Last Modified: 13 Nov 2015 18:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22220

Actions (login required)

View Item View Item