Survei Persepsi Guru Non Penjasorkes terhadap Kinerja Guru Penjasorkes di SMP Negeri se Kecamatan Kaliwiro Kabupaten Wonosobo


Cici Nur Chasanah, 6101405529 (2009) Survei Persepsi Guru Non Penjasorkes terhadap Kinerja Guru Penjasorkes di SMP Negeri se Kecamatan Kaliwiro Kabupaten Wonosobo. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Survei Persepsi Guru Non Penjasorkes terhadap Kinerja Guru Penjasorkes di SMP Negeri se Kecamatan Kaliwiro Kabupaten Wonosobo]
Preview
PDF (Survei Persepsi Guru Non Penjasorkes terhadap Kinerja Guru Penjasorkes di SMP Negeri se Kecamatan Kaliwiro Kabupaten Wonosobo) - Published Version
Download (7MB) | Preview

Abstract

Adanya stigma-rumor negatif yang selama ini membebani profesi guru Penjasorkes tentang kinerja yang rendah memicu untuk melakukan penelitian secara empiris tentang persepsi guru-guru non penjasorkes terhadap kinerja guru Penjasorkes di SMP Negeri se Kecamatan Kaliwiro Kabupaten Wonosobo. Permasalahan yang dikaji bagaimana persepsi guru non Penjasorkes terhadap kinerja guru Non Penjasorkes? Subjek yang diteliti adalah 92 orang guru non Penjasorkes untuk dimintai informasinya tentang persepsi mereka terhadap kinerja guru Penjasorkes di sekolahnya. Data diperoleh dari kuesioner tentang persepsi kinerja guru meliputi kompetensi keperibadian, pedagogik, profesional dan sosial. Data yang diperoleh dianalis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru Penjasorkes di SMP Negeri se Kecamatan Kaliwiro Kabupaten Wonosobo menurut persepsi guru non Penjasorkes tergolong tinggi, walaupun kompetensi pedagogik masuk dalam kategori kurang baik, yaitu hanya mencapai 70.65%. terbukti dari tingginya ke tiga kompetensi yaitu kompetensi kepribadian mencapai 95.65%, kompetensi professional sebesar 80.43%.dan kompetensi sosial sebesar 58.70%.Guru penjasorkes tersebut memiliki kompetensi kepribadian dan profesional yang lebih baik daripada kompetensi pedagogik dan kompetensi sosialnya. Disarankan guru Penjasorkes untuk meningkatkan kompetensi Pedagogik terutama, memahami peserta didik, merancang pembelajaran, seperti membuat RPP, Silabus, dll. Melaksanakan pembelajaran dengan tidak malas-malasan, evaluasi hasil pembelajaran dan mengembangkan peserta didik. Berkaitan dengan kompetensi sosialnya guru penjakes perlu meningkatkan berkomuikasi secara efektif atau dapat bersosialisasi dengan baik dengan lingkungan sekolah atau dapat bekerja sama dengan baik dengan teman sejawat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Kinerja Guru. Penjasorkes
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 07 May 2011 02:20
Last Modified: 25 Apr 2015 04:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2222

Actions (login required)

View Item View Item