PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, CARA BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA MA TARBIYATUL BANIN WINONG PATI(Studi Pada Kelas XI IPS Tahun Ajaran 2014/2015)


Mas'Udah, 7101411331 (2015) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, CARA BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA MA TARBIYATUL BANIN WINONG PATI(Studi Pada Kelas XI IPS Tahun Ajaran 2014/2015). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101411331-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Prestasi belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Hasil observasi awal yang dilakukan menunjukkan bahwa perolehan nilai ekonomi belum mencapai hasil yang maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah motivasi belajar, cara belajar dan fasilitas belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS MA Tarbiyatul Banin Winong Pati baik secara simultan maupun secara parsial.Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik penelitian populasi dimana semua anggota populasi dijadikan sampel. Yaitu siswa kelas XI IPS MA Tarbiyatul Banin Tahun Ajaran 2014/2015 sebanyak 40 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah prestasi Belajar (Y), motivasi belajar (X1), cara belajar (X2) dan fasilitas belajar (X3). Metode pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi dan angket. Analisis data menggunakan deskriptif persentase dan analisis regresi linier bergandadengan persamaan Y = α+β1X1+ β2X2-β3X3 +e.Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan motivasi belajar, cara belajar dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS MA Tarbiyatul Banin. Secara simultan motivasi belajar, cara belajar dan fasilitas belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar sebesar 78,4%. Dan secara parsial motivasi belajar berpengaruh positif sebesar 39,06%, cara belajar berpengaruh positif sebesar 36,36% dan fasilitas belajar berpengaruh negatif sebesar 12,74% terhadap prestasi belajar. Simpulan dalam penelitian ini yaitu terdapat pengaruh positif motivasi belajar, cara belajar dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS MA Tarbiyatul Banin tahun ajaran 2014/2015 baik secara simultan maupun parsial, kecuali fasilitas belajar yang mempunyai pengaruh negatif terhadap prestasi belajar. Disarankan kepada siswa untuk meningkatkan motivasi belajar dan menerapkan cara belajar yang efektif seperti membuat jadwal khusus belajar dan melaksanakansecara teratur guna untuk meningkatkan prestasi belajar ekonomi. Bagi orang tua sebaiknya memotivasi dan menyediakan fasilitas belajar yang memadai di rumah sesuai dengan kebutuhan anak agar mampu membantu anak untuk lebih giat dalam belajar. Untuk peneliti selanjutnya agar dapat meneliti faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi prestasi belajar yang belum diungkap dalam penelitian ini

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Motivasi Belajar, Cara Belajar, Fasilitas Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 18:24
Last Modified: 13 Nov 2015 18:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22218

Actions (login required)

View Item View Item