PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGUBAH TEKS HASIL WAWANCARA MENJADI NARASI MENGGUNAKAN METODE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING BERBASIS KARAKTER PADA SISWA KELAS VII MTs NEGERI KENDAL


Jihan Noor Fitriana, 2101411067 (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGUBAH TEKS HASIL WAWANCARA MENJADI NARASI MENGGUNAKAN METODE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING BERBASIS KARAKTER PADA SISWA KELAS VII MTs NEGERI KENDAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2101411067-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Kemampuan siswa dalam pembelajaran keterampilan mengubah teks hasil wawancara menjadi narasi di MTs Negeri Kendal masih rendah. Hal ini disebabkan motivasi siswa dalam menulis masih kurang, konsep atau bahan yang dimiliki siswa untuk dikembangkan menjadi tulisan sangat terbatas, kurangnya kemampuan siswa menuangkan gagasan atau pikiran ke dalam bentuk kalimatkalimat yang mempunyai kesatuan yang logis dan padu. Selama ini pembelajaran keterampilan mengubah teks hasil wawancara menjadi narasi masih dibutuhkan sarana yang menunjang dan metode pembelajaran belum efektif. Kemudian kebutuhan pendidikan karakter pada saat ini sangat meningkat, karena krisis karakter yang dialami bangsa Indonesia saat ini. Berdasarkan beberapa sebab rendahnya kemampuan menulis siswa, maka perlu penanganan dalam proses pembelajaran ini. Oleh karena itu, diharapkan penerapan metode student facilitator and explaining berbasis karakter mampu meningkatkan keterampilan siswa dalam mengubah teks hasil wawancara menjadi narasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimanakah proses pembelajaran keterampilan mengubah teks hasil wawancara menjadi narasi menggunakan penerapan metode student facilitator and explaining berbasis karakter di MTs Negeri kendal, (2) bagaimanakah peningkatan hasil pembelajaran keterampilan mengubah teks hasil wawancara menjadi narasi menggunakan penerapan metode student facilitator and explaining berbasis karakter di MTs Negeri Kendal, dan (3) bagaimana perubahan sikap siswa setelah mengikuti pembelajaran keterampillan mengubah teks hasil wawancara menjadi narasi menggunakan metode student facilitator and explaining berbasis karakter di MTs Negeri Kendal. Adapun tujuan penelitian selaras dengan rumusan masalah yaitu mendeskripsikan proses, memaparkan peningkatan keterampilan mengubah teks hasil wawancara menjadi narasi dan menjelaskan perubahan sikap siswa. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi peneliti, guru, dan siswa. Desain penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas melalui dua tahap, yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus terdiri atas proses perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah keterampilan mengubah teks hasil wawancara menjadi narasi siswa kelas VII A. Sumber data yang diperoleh dari penelitian ini yaitu siswa kelas VII A dengan jumlah 35 siswa. vii vii Teknik pengambilan data adalah dengan tes dan nontes berupa jurnal siswa, jurnal guru, wawancara, dan dokumentasi. Proses pembelajaran siklus II berjalan lebih tertib dan lancar dibandingkan siklus I. Hasil penelitian ini diketahui bahwa kualitas proses pembelajaran keterampilan mengubah teks hasil wawancara wawancara menjadi narasi berjalan baik dan lancar meskipun ada beberapa siswa yang kurang mengikuti pembelajaran tetapi dapat diatasi oleh peneliti. Hasil penelitian ini juga menunjukkan adanya peningkatan keterampilan mengubah teks hasil wawancara menjadi narasi menggunakan metode student facilitator and explaining berbasis karakter pada siswa kelas VII A MTs Negeri Kendal. Selain itu, hasil tes keterampilan mengubah teks hasil wawancara menjadi narasi mengalami peningkatan dengan nilai tes prasiklus siswa dari keseluruhan aspek memperoleh nilai rata-rata sebesar 66,5. Pada siklus I, hasil tes siswa rata-rata kelas meningkat 15,4% menjadi sebesar 73,3 dan termasuk kategori cukup dan masih jauh dari kriteria ketuntansan minimal di sekolah yaitu 80. Pada siklus II nilai rata-rata meningkat 13,8% menjadi 83,5 dan masuk dalam kategori baik. Hasil tes siklus II tersebut menunjukkan bahwa seluruh siswa kelas VII A yang berjumlah 35 siswa dinyatakan tuntas. Adapun secara keseluruhan sikap siswa mengalami perubahan ke arah yang positif. Misalnya ketika siswa mengumpulkan tugas tepat waktu yang mencerminkan sikap disipiln. Saran untuk guru bahasa Indonesia agar menggunakan dan menerapkan pembelajaran keterampilan mengubah teks hasil wawancara menjadi narasi menggunakan metode student facilitator and explaining berbasis karakter. Bagi peneliti lain disarankan agar melakukan penelitian serupa dengan menggunakan strategi, teknik, atau metode yang lain agar memberikan alternatif dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan mengubah teks hasil wawancara menjadi narasi, metode student facilitator and explaining, berbasis karakter
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 18:21
Last Modified: 13 Nov 2015 18:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22217

Actions (login required)

View Item View Item