PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, LINGKUNGAN SEKOLAH, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PERILAKU BELAJAR SISWA JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK MASEHI PSAK AMBARAWA


Miftahcul Rizqi Arianto, 7101411324 (2015) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, LINGKUNGAN SEKOLAH, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PERILAKU BELAJAR SISWA JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK MASEHI PSAK AMBARAWA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101411324-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan pendidikan dikatakan tercapai apabila hasil belajar siswa mengalami perkembangan dan peningkatan.Selain itu, dalam pendidikan formal selalu diikuti pengukuran dan penilaiandalam menentukan keberhasilan hasil belajar siswa. Kriteria keberhasilan dari keseluruhan proses interaksi belajar-mengajar hendaknya ditimbang atau dievaluasipada tercapai tidaknya tujuan bersama tersebut. Ada dan tidaknya perubahan-perubahan yang diharapkan pada perilaku dan kepribadian siswadapat dilihat pada proses belajar mengajar. Perilaku belajar tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain faktor internal yaitu fisik, psikologis, motivasi, dan faktor eksternal yaitu lingkungan.Berdasarkan observasi awal pada kelas X, XI, XII Administrasi Perkantoran diketahui bahwa 40% anak tidak memperhatikan pelajaran dengan baik dan hanya 15% yang aktif bertanya.Masalah yang diteliti dalam penelitian ini yaitu adakah pengaruh positif lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan motivasi belajar, terhadap perilaku belajar siswa Administrasi Perkantoran di SMK Masehi PSAK Ambarawasecara simultan maupun parsial. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui adakah pengaruh positif lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan motivasi belajar terhadap perilaku belajar siswa Administrasi Perkantoran di SMK Masehi PSAK Ambarawasecara simultan maupun parsial.Populasi yang diteliti dalam penelitian ini adalah semuasiswa jurusanAdministrasi Perkantoran yang berjumlah 46siswaPengumpulan data dilakukan dengan cara angket atau kuesioner dan dokumentasi. Metode analisi data menggunakan analisis deskriptif persentase dan analisis regresi linier berganda.Hasil dari analisis regresi linier berganda dalam penelitianini yaitu.Ada pengaruh secara simultan sebesar 55,4%. Sedangkan pengaruh secara parsial lingkungan keluarga 10,4%, lingkungan sekolah 9,6%, motivasi belajar sebesar 9,9%. Hasil penelitian inimenunjukkan bahwaada pengaruh lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan motivasi belajar, terhadap perilaku belajar siswa Administrasi Perkantoran di SMK Masehi PSAK Ambarawasecara simultan maupun parsial.Saran untuk penelitian ini adalah meningkatkan perhatian orang tua, sekolah agar menciptakan suasana nyaman, jauh dari kebisingan, serta agar selalu memotivasi siswa untuk siswa bekembang sehingga mendukung terciptanya perilaku belajar yang baik

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sekolah, Motivasi Belajar, dan Perilaku Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 18:20
Last Modified: 13 Nov 2015 18:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22214

Actions (login required)

View Item View Item