PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYUSUN TEKS EKSPLANASI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PERISTIWA ALAM PADA PESERTA DIDIK KELAS VII F SMP N 1 BLORA
Lela Tri Wahyuningtias, 2101411019 (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYUSUN TEKS EKSPLANASI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PERISTIWA ALAM PADA PESERTA DIDIK KELAS VII F SMP N 1 BLORA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan pada hasil wawancara dan hasil pretes di SMP N 1 Blora, menunjukkan bahwa kemampuan menyusun teks eksplanasi peserta didik masih tergolong rendah, dengan perolehan ketuntasan klasikal dari 34 peserta didik sebesar 44,12% atau dari 15 peserta didik yang berhasil mencapai nilai diatas KKM, dengan perolehan nilai rata-rata sebanyak 69,18, dengan nilai konversi 2,77 dan predikat B-. Faktor yang mengakibatkan rendahnya kemampuan menyusun peserta didik; yaitu (1) minat belajar peserta didik masih kurang dan cenderung bosan pada saat mengikuti kegiatan pembelajaran, (2) peserta didik kurang konsentrasi dalam menerima pelajaran, (3) peserta didik kurang memahami materi tentang menyusun teks eksplanasi, sehingga sulit membedakan dengan jenis teks yang lain, (4) peserta didik kesulitan mengembangkan gagasan, dan (5) peserta didik masih belum bisa menggunakan bagaimana penulisan yang baik dan benar dari segi ejaan, tanda baca, dan pilihan kata. Untuk mengatasi berbagai permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah menggunakan media video peristiwa alam dan untuk meningkatkan kemampuan menyusun teks eksplanasi peserta didik kelas VII F SMP N 1 Blora. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana proses pembelajaran menyusun teks eksplanasi peserta didik kelas VII F SMP N 1 Blora dengan model pembelajaran berbasis masalah menggunakan media video peristiwa alam, (2) bagaimana peningkatan keterampilan menyusun teks eksplanasi peserta didik kelas VII F SMP N 1 Blora setelah mengikuti kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah menggunakan media video peristiwa alam, (3) bagaimana perubahan sikap peserta didik kelas VII F SMP N 1 Blora selama mengikuti kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah menggunakan media video peristiwa alam, (4) bagaimana tanggapan peserta didik kelas VII F SMP N 1 Blora setelah mengikuti kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah menggunakan media video peristiwa alam. Berkaitan dengan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses pembelajaran menyusun teks eksplanasi peserta didik kelas VII F SMP N 1 Blora dengan model pembelajaran berbasis masalah menggunakan media video peristiwa alam, (2) ii mendeskripsikan peningkatan keterampilan menyusun teks eksplanasi peserta didik kelas VII F SMP N 1 Blora setelah mengikuti kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah menggunakan media video peristiwa alam, (3) mendeskripsikan perubahan sikap peserta didik kelas VII F SMP N 1 Blora selama mengikuti kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah menggunakan media video peristiwa alam, (4) menguraikan tanggapan peserta didik kelas VII F SMP N 1 Blora setelah mengikuti kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah menggunakan media video peristiwa alam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam siklus I dan siklus II, yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini, yaitu proses pembelajaran, peningkatan keterampilan menyusun teks eksplanasi peserta didik, perubahan sikap peserta didik, dan tanggapan peserta didik pada kegiatan pembelajaran menyusun teks eksplanasi dengan model pembelajaran berbasis masalah menggunakan media video peristiwa alam pada peserta didik kelas VII F SMP N 1 Blora. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes dan untuk menganalisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif, dengan target ketuntasan klasikal sebesar 75 %, dengan nilai KKM 78, dan KKM nilai sikap dengan predikat (B). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dalam dua siklus, proses pembelajaran menyusun teks eksplanasi mengalami peningkatan pada setiap aspek pengamatannya, dengan nilai rata-rata siklus I sebesar 78,92 meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 87,26, atau dengan persentase peningkatan antara siklus I ke siklus II sebesar 8,34%. Untuk hasil peningkatan ketermpilan menyusun teks eksplanasi mengalami peningkatan dari hasil prasiklus, siklus I, sampai siklus II, dengan perolehan nilai optimum prasiklus sebesar 67,94, siklus I sebesar 76,32, dan siklus II sebesar 83,53. Peningkatan pencapaian prasiklus ke siklus I sebesar 8,53, prasiklus ke siklus II sebesar 15,59, dan peningkatan pencapaian pada siklus I ke siklus II sebesar 7,06. Meningkatnya hasil belajar peserta didik juga diiringi dengan perubahan sikap peserta didik. Hasil perubahan sikap religius mengalami perbedaan pada perolehan nilai modus antara siklus I dan siklus II serta memperoleh hasil yang sama pada jumlah ketuntasan secara keseluruhan yaitu sebanyak 34 peserta didik berhasil mencapai nilai KKM. Hasil perubahan sikap jujur dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 5,88% dan hasil perubahan sikap kreatif dari siklus I ke siklus II mengalami peningakatan sebesar 20,59%. Hasil tanggapan peserta didik dari siklus I ke siklus II mengalami perubahan dengan hasil tanggapan yang semakin baik atau positif pada siklus II terkait dengan kegiatan pembelajaran menyusun teks eksplanasi dengan model pembelajaran berbasis masalah menggunakan media video peristiwa alam. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti memberikan saran agar pendidik dapat menerapkan model serupa dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, yang berguna untuk meningkatkan kemampuan peserta didik.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | menyusun teks eksplanasi, model pembelajaran berbasis masalah, media video peristiwa alam |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | cahyo fajar unnes |
Date Deposited: | 13 Nov 2015 18:08 |
Last Modified: | 13 Nov 2015 18:08 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22206 |
Actions (login required)
View Item |