KEEFEKTIFAN GUIDED INQUIRY DISERTAI FLOW CARD MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DI SMP


Siti Farida, 4401411020 (2015) KEEFEKTIFAN GUIDED INQUIRY DISERTAI FLOW CARD MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DI SMP. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4401411020-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Guided inquiry (inkuiri terbimbing) merupakan model pembelajaran yang dalam pelaksanaannya, guru menyediakan bimbingan atau petunjuk yang cukup luas kepada siswa. Petunjuk tersebut berupa pertanyaan yang membimbing siswa menemukan konsep dengan usaha mereka sendiri. Guided inquiry diinovasikan dengan flow card yang merupakan kartu berisi gambar organ pernapasan, tulisan tentang struktur, fungsi, karakteristik organ pernapasan, mekanisme pernapasan dada dan pernapasan perut yang mana pada beberapa kartu terdapat pertanyaan yang relevan tentang materi sistem pernapasan manusia. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan penerapan Guided Inquiry disertai Flow Card pada materi sistem pernapasan manusia di SMP. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 38 Semarang pada Semester Genap Tahun Ajaran 2014/2015. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII A sampai VIII E SMP Negeri 38 Semarang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik Purposive sampling dan terpilih dua kelas yaitu VIII A dan VIII B. Rancangan penelitian ini adalah pre- experiment design dengan pola one shot case study. Data berupa aktivitas siswa, hasil belajar siswa, tanggapan siswa, dan tanggapan guru. Masing-masing data diperoleh dari tes evaluasi, instrumen lembar observasi aktivitas siswa, angket tanggapan siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan siswa dalam kategori aktif atau sangat aktif dengan perolehan skor diatas 17 dan rata-rata hasil belajar dari kedua kelas mencapai ketuntasan klasikal sebesar 91,94 %, siswa dan guru memberikan tanggapan baik atau sangat baik terhadap pembelajaran guided inquiry disertai flow card. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guided inquiry disertai flow card efektif diterapkan pada materi sistem pernapasan manusia di SMP

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Guided Inquiry, Flow Card, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar, Sistem Pernapasan Manusia
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: sumarsono mahasiswa unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 18:12
Last Modified: 13 Nov 2015 18:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22205

Actions (login required)

View Item View Item