PENGARUH PENDEKATAN SALINGTEMAS DENGAN PEMANFAATAN LINGKUNGAN PASAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN


Siti Umayah, 4401411004 (2015) PENGARUH PENDEKATAN SALINGTEMAS DENGAN PEMANFAATAN LINGKUNGAN PASAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4401411004-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Inti dari pembelajaran dengan pendekatan Salingtemas adalah memaksimalkan sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat untuk menciptakan pembelajaran yang berkualitas dan kontekstual. Dalam pembelajaran pencemaran lingkungan dengan pendekatan Salingtemas diperlukan kegiatan eksplorasi langsung di lingkungan sekitar sebagai sumber belajar untuk menciptakan pembelajaran yang kontekstual. Hal ini dikarenakan siswa yang dihubungkan dengan lingkungannya akan memiliki sikap kepedulian terhadap lingkungannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan Salingtemas dengan pemanfaatan lingkungan pasar Johar sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar dan sikap peduli lingkungan siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 36 Semarang pada semester genap tahun ajaran 2014/2015. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik convenience sampling, dengan rancangan penelitian quasi experiment design dengan pola pretest posttest design. Analisis tahap awal dengan uji t pretest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol tidak menunjukkan adanya perbedaan rata-rata pretest, yaitu dengan perolehan rerata kelas eksperimen dan kontrol masing-masing sebesar 59,88 dan 59,63. Uji t pretest menunjukkan t hitung 0,08 < t tabel 1,67, sehingga dapat dikatakan bahwa kelas eksperimen dan kontrol memiliki kemampuan awal yang sama. Setelah diberikan perlakuan dengan pendekatan Salingtemas melalui pemanfaatan pasar Johar sebagai sumber belajar kemudian dilakukan posttest, diketahui bahwa rata-rata nilai akhir kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu masing-masing 83,46 dan 78,13. Uji t menunjukkan t hitung 3,11 > t tabel 1,67. sehingga disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis sikap peduli lingkungan dilakukan dengan melihat nilai rata-rata n-gain antara kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing sebesar 0,38 dengan kriteria sedang dan 0,15 dengan kriteria rendah. Hasil uji t nilai n-gain pretest-posttest menunjukkan t hitung 2,71 > t tabel 1,67, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata peningkatan sikap peduli lingkungan kelas eksperimen dan kelas kontrol Berdasarkan hasil penelitian dapat membuktikan hipotesis yaitu pendekatan Salingtemas dengan pemanfaatan lingkungan pasar sebagai sumber belajar berpengaruh terhadap hasil belajar dan sikap peduli lingkungan siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Salingtemas, Lingkungan pasar, Hasil Belajar, Sikap peduli lingkungan, Pencemaran Lingkungan.
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: sumarsono mahasiswa unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 18:05
Last Modified: 13 Nov 2015 18:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22202

Actions (login required)

View Item View Item