PERLINDUNGAN KONSUMEN MELALUI IMPLEMENTASI PASAL 3 JO PASAL 6 PERDA NOMOR 6 TAHUN 2014 KOTA PEKALONGAN TENTANG PENGGUNAAN LABEL BATIK PEKALONGAN


Meika Hapsari , 8111411324 (2015) PERLINDUNGAN KONSUMEN MELALUI IMPLEMENTASI PASAL 3 JO PASAL 6 PERDA NOMOR 6 TAHUN 2014 KOTA PEKALONGAN TENTANG PENGGUNAAN LABEL BATIK PEKALONGAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 8111411324-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (941kB) | Preview

Abstract

Label Batik Pekalongan adalah label batik yang dirancang oleh Pemerintah Kota Pekalongan dan diatur dalam Perda Nomor 6 Tahun 2014 serta berlaku bagi Pengusaha Batik di Kota Pekalongan. Label Batik Pekalongan dicantumkan pada setiap jenis produk batik Pekalongan guna membedakan jenis batik tulis, cap, kombinasi tulis dan cap dengan tekstil printing bermotif batik. Tujuan dibentuknya Perda tersebut adalah agar Konsumen batik tidak dirugikan akibat dari salah membedakan jenis batik. Permasalahan yang menjadi penelitian ini adalah mengenai bagaimana implementasi Pasal 3 Jo Pasal 6 Perda Nomor 6 Tahun 2014 Kota Pekalongan tentang Penggunaan Label Batik Pekalongan di Kampung Batik Pesindon sebagai salah satu kampung wisata batik di Pekalongan yang memproduksi jumlah batik yang cukup besar dan bagaimana upaya Pemerintah Kota Pekalongan dalam menyelenggarakan perlindungan konsumen batik. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui implementasi Pasal 3 Jo Pasal 6 Perda Nomor 6 Tahun 2014 Kota Pekalongan tentang Penggunaan Label Batik Pekalongan dan mengetahui upaya Pemerintah Kota Pekalongan dalam menyelenggarakan perlindungan konsumen. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan pendekatan yuridis empiris, dalam metode ini data primer diperoleh langsung dari informan yakni, Pengusaha batik di Kampung Batik Pesindon Kota Pekalongan, Konsumen batik, Kepala Bidang Perdagangan dan Kepala Bidang Koperasi UMKM Disperindagkop dan Kepala Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah Kota Pekalongan. Data sekunder diperoleh dari dokumen-dokumen hukum, maupun bahan-bahan pustaka yang ada hubungannya dengan Perlindungan Konsumen melalui implementasi Pasal 3 Jo Pasal 6 Perda Nomor 6 Tahun 2014 Kota Pekalongan tentang Penggunaan Label Batik Pekalongan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pengusaha batik di Kampung Batik Pesindon belum semuanya mencantumkan label batik Pekalongan sesuai Pasal 3 Jo Pasal 6 Perda Nomor 6 Tahun 2014 Kota Pekalongan tentang Penggunaan Label Batik Pekalongan, sedangkan upaya Pemerintah Kota Pekalongan dalam memberikan perlindungan konsumen batik Pekalongan baru sebatas sosialisasi kepada pengusaha batik, sosialisasi melalui media massa, memasang baliho, dan mewajibkan bagi pengusaha batik Pekalongan bagi yang akan mengikuti pameran batik untuk mencantumkan label batik Pekalongan. Dari hasil penelitian tersebut, yang dapat disimpulkan adalah Pasal 3 Jo Pasal 6 Perda Nomor 6 Tahun 2014 Kota Pekalongan tentang Penggunaan Label Batik Pekalongan belum diimplementasikan dan upaya Pemerintah Kota Pekalongan dalam memberikan perlindungan bagi konsumen batik Pekalongan belum maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Konsumen, Label Batik Pekalongan, Perda
Subjects: K Law > K Law (General)
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: rizqi mulyantara unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 18:03
Last Modified: 13 Nov 2015 18:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22201

Actions (login required)

View Item View Item