PENGARUH PENGGUNAAN METODE RESITASI,SUMBERBELAJAR DAN KEDISIPLINAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK PELITA NUSANTARA 1 SEMARANG
Ardiani Nafistanti, 7101411321 (2015) PENGARUH PENGGUNAAN METODE RESITASI,SUMBERBELAJAR DAN KEDISIPLINAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK PELITA NUSANTARA 1 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERISTAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pencapaian hasil belajar siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya adalah penggunaan metode resitasi, sumber belajardan kedisiplinan siswa. Berdasarkan hasil identifikasi awal hasil belajar Melakukan Prosedur Administrasi siswa kelas X AP terdapat 46,59%siswa yang memperoleh nilai dibawah KKM yaitu 73. Masalahdalam penelitian ini adalah adakah pengaruh penggunaan metode resitasi, sumberbelajar dan kedisiplinan siswaterhadap hasil belajar siswa kelas X AP di SMK Pelita Nusantara1 Semarangbaik secara simultan maupun parsial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan metode resitasi, sumberbelajar dan kedisiplinan siswaterhadap hasil belajar siswa kelas X AP di SMK Pelita Nusantara1 Semarangbaik secara simultan maupun parsial.Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas X AP yang berjumlah 88siswa. Peneliti mengambil teknik sampling jenuh, yaitu mengambil keseluruhan populasi sebagai objek penelitian.Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu metode resitasi (X1), sumberbelajar (X2) dan kedisiplinan siswa(X3) serta variabel terikat yaitu hasil belajar (Y).Metode pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi.Analisis data menggunakan deskriptif persentasedan regresi berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan: Y = 18,989 + 0,412X1+ 0,408X2+ 0,287X3. Ada pengaruh secara simultansebesar 82,90%, sedangkan pengaruh secara parsial metode resitasi sebesar 24,60%, sumber belajar sebesar 45,43% dan kedisiplinan siswa sebesar 8,64%. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan metode resitasi, sumber belajar dan kedisiplinan siswa berpengaruh terhadap hasil belajar baik secara simultan maupun parsial. Saran penelitian ini adalahsiswa diharapkan untuk memfotokopi buku pelajaran atau meminjam buku pelajaran di perpustakaan, guru dapat memberikan tugas kepada siswa yang berhubungan dengan perpustakaan, dan guru harus memberi hukumankepada siswa yang tidak mematikan hp saat pembelajaran
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Resitasi, Sumber Belajar, Kedisiplinan Siswadan Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | ahmad sanusi unnes |
Date Deposited: | 13 Nov 2015 18:00 |
Last Modified: | 13 Nov 2015 18:00 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22197 |
Actions (login required)
View Item |