PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYUSUN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI BERMUATAN BUDAYA MELALUI DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN PUZZLE PADA SISWA KELAS VII H SMP NEGERI 18 SEMARANG


Nuryeni, 2101411018 (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYUSUN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI BERMUATAN BUDAYA MELALUI DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN PUZZLE PADA SISWA KELAS VII H SMP NEGERI 18 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2101411018-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal keterampilan menyusun teks laporan hasil observasi secara tertulis pada siswa kelas VII H SMP Negeri 18 Semarang masih tergolong rendah karena masih berada di bawah kriteria ketuntasan minimal, yaitu 75. Indikator penyebabnya adalah siswa kurang mampu dalam mengembangkan atau menuangkan ide dalam menyusun teks laporan hasil observasi secara tertulis. Selain itu, siswa sering melakukan kesalahan karena merasa kebingungan berkaitan dengan struktur teks dalam menyusun teks laporan hasil observasi. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) bagaimana proses pembelajaran keterampilan menyusun teks laporan hasil observasi bermuatan budaya melalui discovery learning berbantuan puzzle, (2) bagaimana peningkatan keterampilan menyusun teks laporan hasil observasi bermuatan budaya melalui discovery learning berbantuan puzzle, (3) bagaimana peningkatan sikap spiritual dan sosial yang terjadi pada siswa kelas VII H SMP N 18 Semarang setelah dilakukan pembelajaran keterampilan menyusun teks laporan hasil observasi bermuatan budaya melalui discovery learning berbantuan puzzle, dan (4). bagaimana tanggapan siswa setelah dilakukan pembelajaran keterampilan menyusun teks laporan hasil observasi bermuatan budaya melalui discovery learning berbantuan puzzle. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang meliputi dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II dengan batas ketuntasan minimal 2,66 dengan predikat B-. Tiap tahap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menyusun teks laporan hasil observasi Bermuatan budaya pada siswa kelas VII H SMP Negeri 18 Semarang. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen tes, pedoman observasi, pedoman wawancara, jurnal dan pedoman dokumentasi foto. Analisis data dilakukan menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) proses pembelajaran keterampilan menyusun teks laporan hasil observasi bermuatan budaya melalui discovery learning berbantuan puzzle pada siswa kelas VII H SMP Negeri 18 Semarang dari siklus I ke siklus II semakin baik, (2) keterampilan menyusun teks laporan hasil observasi bermuatan budaya dari siklus I ke siklus II yaitu 73,56 atau 43,75% menjadi 83,06 atau 87,5% dan terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 9,5 atau 43,75%, (3) sikap religius dan sikap sosial dari siklus I ke siklus II mengalami perubahan ke arah positif, persentase ketuntasan dari 78,12% menjadi 87,5% dan terjadi peningkatan sikap religius dari siklus I ke siklus II sebesar 9,38%, sedangkan persentase sikap sosial dari siklus I ke siklus II sebesar 69,82% iii menjadi 97,91% sehingga terjadi peningkatan sebesar 28,09%, dan (4) tanggapan siswa terhadap pembelajaran keterampilan menyusun teks laporan hasil observasi bermuatan budaya melalui discovery learning berbantuan puzzle pada siklus I dan siklus II mengalami perubahan yang positif, pada siklus I siswa merasa senang namun masih mengalami banyak kesulitan dalam proses pembelajaran, sedangkan pada siklus II siswa menyatakan senang dan hanya mengalami sedikit kesulitan selama proses pembelajaran berlangsung. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan hendaknya guru mata pelajaran bahasa Indonesia dapat mengimplementasikan discovery learning dan media puzzle dalam pembelajaran menyusun teks laporan hasil observasi di sekolah karena discovery learning dan media puzzle terbukti meningkatkan pembelajaran keterampilan menyusun teks laporan hasil observasi secara tertulis. Bagi peneliti lain, hendaknya melakukan penelitian lanjutan dari penelitian ini dengan menggunakan model dan media pembelajaran yang lebih variatif dan inovatif sehingga dapat menambah ilmu pengetahuan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: teks laporan hasil observasi bermuatan budaya, model discovery learning, media puzzle.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 18:05
Last Modified: 13 Nov 2015 18:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22196

Actions (login required)

View Item View Item