PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E MATERI PENGELOLAAN LINGKUNGAN DI SMP N 11 SEMARANG

Ovalis Diana Deri, 4401410040 (2014) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E MATERI PENGELOLAAN LINGKUNGAN DI SMP N 11 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (13Mb)

    Abstract

    Pengembangan LKS ini bertujuan untuk menghasilkan produk LKS yang layak diterapkan pada materi pengelolaan lingkungan di SMP dan efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Dasar pengembangan LKS ini menggunakan model learning cycle 5E yang terdiri atas 5 tahapan yaitu engagement, exploration, explanation, elaboration, dan evaluation. Metode penelitian yang digunakan adalah R & D LKS divalidasi oleh validator media dan materi. Subjek penelitian uji coba terbatas adalah 20 siswa kelas VII C dan untuk uji coba skala besar adalah 58 siswa kelas VII A dan VII B. LKS pada model pembelajaran learning cycle 5E yang dikembangkan dinilai layak oleh validator media dan validator materi. Pada aspek didaktik, konstruksi dan teknik validator materi dan media memberikan skor persentase berturut-turut sebesar 92,1% (kriteria sangat layak) dan 92,1% (kriteria sangat layak). Kemudian pada aspek isi, kebahasan, penyajian dan kegrafisan validator memberikan skor persentase berturut-turut sebesar 90% (kriteria sangat layak) dan 85% (kriteria sangat layak). Keefektifan penerapan LKS didapatkan hasil belajar siswa 75,8% dari jumlah siswa mendapat nilai minimal 75. Aktivitas siswa pada penerapan LKS learning cycle 5E diperoleh hasil 100% siswa mencapai keaktifan ≥ 62,5% dengan kriteria aktif dan sangat aktif. Pengembangan Lembar Kerja Siswa pada model pembelajaran leaning cycle 5E materi pengelolaan lingkungan di SMP N 11 Semarang yang layak dan efektif terhadap aktivitas serta ketuntasan hasil belajar siswa telah berhasil sesuai dengan tahapan penelitian R & D.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Siswa, model learning cycle 5E
    Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
    Depositing User: sumarsono mahasiswa unnes
    Date Deposited: 13 Nov 2015 12:49
    Last Modified: 13 Nov 2015 12:49

    Actions (login required)

    View Item