PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI BERTEMA PENGALAMAN PRIBADI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DAN MEDIA KARTU LIPAT BERGAMBAR PADA SISWA KELAS VII-C SMP N 10 MAGELANG


Hesti Sulistiyorini, 2101411013 (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI BERTEMA PENGALAMAN PRIBADI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DAN MEDIA KARTU LIPAT BERGAMBAR PADA SISWA KELAS VII-C SMP N 10 MAGELANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2101411013-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis puisi merupakan salah satu keterampilan bersastra yang harus dikuasai oleh siswa kelas VII SMP pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Keterampilan menulis puisi penting untuk dikuasai karena dapat meningkatkan kreativitas siswa, melatih kepekaan siswa terhadap suatu hal atau peristiwa yang terjadi, membangkitkan imajinasi, dan mendorong siswa untuk menciptakan suatu karya. Namun, penguasaan keterampilan menulis puisi masih rendah. Hal ini terjadi pada siswa kelas VII-C SMP N 10 Magelang. Pembelajaran yang kurang inovatif, metode konvensional yang digunakan guru, media yang kurang memadai, serta kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran menulis puisi merupakan beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya keterampilan siswa dalam menulis puisi. Salah satu upaya untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis puisi adalah dengan menggunakan pendekatan kontekstual dan media kartu lipat bergambar. Pembelajaran tersebut, diterapkan pada siswa kelas VII-C SMP N 10 Magelang. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah proses pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas VII-C SMP N 10 Magelang selama menggunakan pendekatan kontekstual dan media kartu lipat bergambar, (2) bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas VII-C SMP N 10 Magelang setelah mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan kontekstual dan media kartu lipat bergambar, dan (3) bagaimanakah perubahan perilaku siswa kelas VII-C SMP N 10 Magelang selama mengikuti pembelajaran menulis puisi menggunakan pendekatan kontekstual dan media kartu lipat bergambar. Tujuan penelitian adalah (1) mendeskripsikan proses pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas VII-C SMP N 10 Magelang selama menggunakan pendekatan kontekstual dan media kartu lipat bergambar, (2) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas VII-C SMP N 10 Magelang setelah mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan kontekstual dan media kartu lipat bergambar, (3) mendeskripsikan perubahan perilaku siswa kelas VII-C SMP N 10 Magelang selama mengikuti pembelajaran menulis puisi menggunakan pendekatan kontekstual dan media kartu lipat bergambar. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data dilakukan melalui dua teknik, vii vii yaitu teknik tes dan teknik nontes. Pengumpulan data tes dilakukan dengan memberikan tes menulis puisi pada siswa. Sementara itu, pengumpulan data nontes dilakukan dengan observasi, jurnal guru dan jurnal siswa, wawancara, dan dokumentasi foto. Analisis data tes dilakukan dengan teknik kuantitatif sedangkan data nontes dengan teknik kualitatif. Berdasarkan data tes diketahui bahwa keterampilan siswa dalam menulis puisi mengalami peningkatan setelah diterapkan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual dan media kartu lipat bergambar. Peningkatan tersebut terlihat dari perolehan nilai rata-rata siswa pada prasiklus sebanyak 51.33 menjadi 66.83 pada siklus I dan meningkat menjadi 80.89 pada siklus II. Banyaknya peningkatan dari prasiklus ke siklus I adalah 15.5 atau 30.2%, siklus I ke siklus II sebanyak 14.06 atau 21%, dan prasiklus ke siklus II sebanyak 29.56 atau 57.6%. Peningkatan keterampilan siswa dalam menulis puisi tersebut juga diikuti dengan perubahan perilaku belajar siswa ke arah positif. Siswa menjadi lebih aktif, senang, dan mulai tertarik pada pembelajaran menulis puisi. Selain itu, proses pembelajaran juga berlangsung dengan lebih baik. Simpulan penelitian ini yaitu proses pembelajaran menulis puisi dengan pendekatan kontekstual dan media kartu lipat bergambar berlangsung dengan baik dan kondusif. Selain itu, pendekatan kontekstual dan media kartu lipat bergambar yang diterapkan dalam pembelajaran menulis puisi dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis puisi dan mengubah perilaku siswa ke arah yang positif. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyampaikan saran kepada guru mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia untuk menerapkan pembelajaran yang inovatif serta menggunakan media pembelajaran yang akan menarik minat siswa dan mempermudah siswa dalam menulis puisi. Penerapan pendekatan kontekstual dan media kartu lipat bergambar merupakan salah satu cara yang dapat dipergunakan dalam pembelajaran menulis puisi. viii

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis puisi, pendekatan kontekstual, media kartu lipat bergambar
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 17:53
Last Modified: 13 Nov 2015 17:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22190

Actions (login required)

View Item View Item