EFEKTIVITAS STRATEGI MENCATAT KREATIF MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN DAYA INGAT SISWA SMP ISLAM CEPU PADA MATERI KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP


Mifta Yustiningtyas Fauzia, 4401410029 (2015) EFEKTIVITAS STRATEGI MENCATAT KREATIF MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN DAYA INGAT SISWA SMP ISLAM CEPU PADA MATERI KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4401410029-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan kebutuhan penting bagi manusia. Peningkatan mutu pendidikan sangat dipengaruhi oleh meningkatkan kualitas pembelajaran. Guru merupakan faktor utama dalam proses pendidikan yang mampu meningkatkan kualitas pembelajaran dengan membentuk suasana belajar yang efektif. Dalam proses pembelajaran, siswa melakukan kegiatan mencatat untuk dapat mengatasi keterbatasan dalam mengingat materi pembelajaran. Strategi mencatat kreatif mind mapping digunakan untuk dapat meningkatkan kualitas mencatat siswa dan mengefisienkan waktu pembelajaran pada materi keanekaragaman makhluk hidup. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas metode mencatat dengan mind map terhadap daya ingat siswa kelas VII SMP Islam Cepu pada materi keanekaragaman makhluk hidup. Penelitian ini merupakan penelitian pra-experimen dilaksanakan di SMP Islam Cepu. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah one shoot case study. Sampel ditentukan dengan teknik sampling sensus. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas VII SMP Islam Cepu, kinerja guru kelas VII SMP Islam Cepu, tanggapan siswa dan guru kelas VII SMP Islam Cepu terhadap pembelajaran dengan menggunakan strategi mencatat kreatif mind mapping. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata – rata hasil belajar siswa melampaui kriteria ketuntasan minimum (KKM = 70) yaitu 76,71. Kinerja guru dalam kegiatan belajar mengajar tergolong baik. Siswa memberikan tanggapan positif > 70% terhadap strategi mencatat kreatif mind mapping pada materi keanekaragaman makhluk hidup. Guru memberi tanggapan positif terhadap pembelajaran dengan menggunakan strategi mencatat kreatif mind mapping pada materi keanekaragaman makhluk hidup. Melihat hasil belajar siswa kelas VII SMP Islam Cepu maka dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi mencatat kreatif mind mapping pada materi keanekaragaman makhluk hidup efektif dalam peningkatan daya ingat siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, keanekaragaman makhluk hidup, mind mapping, mind map,
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: sumarsono mahasiswa unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 17:44
Last Modified: 13 Nov 2015 17:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22187

Actions (login required)

View Item View Item