PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMPRODUKSI TEKS PANTUN SECARA TULIS DENGAN METODE TULIS BERANTAI MELALUI MEDIA KARTU PINTAR PADA PESERTA DIDIK KELAS XI TEKNIK SEPEDA MOTOR SMK NEGERI 10 SEMARANG

Anjani Yekti Mahanani, 2101411010 (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMPRODUKSI TEKS PANTUN SECARA TULIS DENGAN METODE TULIS BERANTAI MELALUI MEDIA KARTU PINTAR PADA PESERTA DIDIK KELAS XI TEKNIK SEPEDA MOTOR SMK NEGERI 10 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2548Kb)

    Abstract

    Berdasarkan hasil observasi awal diketahui bahwa kemampuan memproduksi teks pantun secara tulis peserta didik kelas XI Teknik Sepeda Motor SMK Negeri 10 Semarang masih rendah. Latar belakang rendahnya kemampuan peserta didik dalam memproduksi teks pantun secara tulis disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal berasal dari peserta didik, sedangkan faktor eksternal yang menyebabkan rendahnya keterampilan memproduksi teks pantun secara tulis peserta didik kelas XI Teknik Sepeda Motor SMK Negeri 10 Semarang yaitu metode dan media yang digunakan guru dalam pembelajaran masih kurang tepat. Oleh karena itu, penelitian ini berusaha mencari solusi terhadap masalah di atas melalui pembelajaran memproduksi teks pantun secara tulis dengan metode tulis berantai melalui media kartu pintar. Pemilihan metode tulis berantai dapat memotivasi peserta didik karena pembelajaran yang tidak membosankan serta melibatkan peserta didik aktif dalam proses pembelajaran. Adapun media pembelajaran kartu pintar dan metode tulis berantai ini, diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik dan mengembangkan kreativitas memproduksi teks pantun secara tulis pada peserta didik kelas XI Teknik Sepeda Motor SMK Negeri 10 Semarang. Berdasarkan paparan di atas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah proses pelaksanaan pembelajaran, perubahan sikap spiritual, perubahan sikap sosial, dan peningkatan keterampilan memproduksi teks pantun secara tulis dengan metode tulis berantai melalui media kartu pintar pada peserta didik kelas XI Teknik Sepeda Motor SMK Negeri 10 Semarang. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran, perubahan sikap spiritual, perubahan sikap sosial, dan peningkatan keterampilan memproduksi teks pantun secara tulis dengan metode tulis berantai melalui media kartu pintar pada peserta didik kelas XI Teknik Sepeda Motor SMK Negeri 10 Semarang. iii Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri ada dua siklus, yaitu tindakan siklus I dan tindakan siklus II. Tiap-tiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kemampuan peserta didik memproduksi teks pantun secara tulis pada peserta didik kelas XI Teknik Sepeda Motor SMK Negeri 10 Semarang tahun ajaran 2014/2015. Variabel penelitian ini adalah kemampuan memproduksi teks pantun secara tulis, penggunaan media kartu pintar, dan metode tulis berantai. Pengambilan data penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes. Instrumen tes yang digunakan adalah tes unjuk kerja, sedangkan instrumen nontes yang digunakan adalah observasi, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi foto. Hasil penelitian dianalisis dengan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan memproduksi teks pantun secara tulis dengan metode tulis berantai melalui media kartu pintar pada peserta didik kelas XI Teknik Sepeda Motor SMK Negeri 10 Semarang sebesar 11,87%. Nilai rerata kelas siklus I sebesar 2,97 menajdi 3,38 pada siklus II. Setelah digunakan metode tulis berantai dan media kartu pintar perubahan perilaku belajar peserta didik ke arah yang positif. Peserta didik yang sebelumnya malas, kurang aktif, tidak berkonsentrasi, dan tidak bersemangat, menjadi aktif, antusias, bersemangat, dan berkonsentrasi dalam mengikuti pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis menyarankan agar guru menggunakan metode tulis berantai dan media kartu pintar sebagai alternatif pembelajaran memproduksi teks pantun secara tulis. Bagi peserta didik hendaknya mengikuti kegiatan pembelajaran memproduksi teks pantun secara tulis dengan aktif, bersemangat dan berperilaku positif sehingga peserta didik dapat memproduksi teks pantun secara tulis dengan baik. Bagi peneliti lain hendaknya menggunakan metode dan media yang berbeda dalam memproduksi teks pantun secara tulis sehingga dapat menambah metode dan media pembelajaran yang dapat digunakan sebagai alternaitf dalam pembelajaran memproduksi teks pantun secara tulis

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Memproduksi teks pantun, metode tulis berantai, media kartu pintar
    Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
    Depositing User: cahyo fajar unnes
    Date Deposited: 13 Nov 2015 12:41
    Last Modified: 13 Nov 2015 12:41

    Actions (login required)

    View Item