PENGEMBANGAN ELECTRONIC-MODULE (E-MODULE) BERBASIS KASUS MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA UNTUK MENGOPTIMALKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA

Anggraeni Prasetyaningrum, 4401410028 (2015) PENGEMBANGAN ELECTRONIC-MODULE (E-MODULE) BERBASIS KASUS MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA UNTUK MENGOPTIMALKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (3976Kb)

    Abstract

    Berdasarkan observasi yang telah dilakukan di SMA Negeri 2 Sragen dan SMA Negeri 3 Sragen, wawancara dan hasil angket menunjukkan bahwa 78,3% siswa mengalami kesulitan memahami materi biologi khususnya materi sistem peredaran darah manusia menggunakan modul yang tersedia. Data hasil evaluasi siswa SMA Negeri 3 Sragen tahun 2013/2014 menunjukkan bahwa 57% siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) untuk materi sistem peredaran darah manusia. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan, mengetahui kelayakan, mengkaji efektifitas dan mengkaji kepraktisan e-module berbasis kasus materi peredaran darah manusia. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 2 Sragen dan SMA Negeri 3 Sragen dengan rancangan penelitian Research and Development (R&D). Uji coba produk skala terbatas/kecil dilakukan pada 10 siswa di SMA Negeri 2 Sragen dengan metode purposive sampling. Sampel uji coba pemakaian skala luas dilakukan di kelas XI IPA 2 dan kelas XI IPA 4 SMA Negeri 3 Sragen menggunakan desain penelitian One Group Pretest and Posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-module berbasis kasus materi peredaran darah manusia layak digunakan dengan perolehan rata–rata penilaian dari tiga validator materi adalah 96,1% (sangat layak) dan rata-rata penilaian dari tiga validator media adalah 97,2% (sangat layak). Tanggapan siswa pada uji coba skala kecil adalah 87,25% (sangat layak). E-module berbasis kasus materi peredaran darah manusia efektif digunakan dalam pembelajaran dengan perolehan hasil belajar siswa untuk kedua kelas mencapai ketuntasan klasikal sebesar 92,2% dan rata-rata hasil tanggapan siswa uji skala luas kelas XI IPA 2 diperoleh persentase sebesar 92,1% (sangat layak) dan rata-rata hasil tanggapan siswa uji skala luas kelas XI IPA 4 adalah 90,9% (sangat layak). Rata-rata tanggapan guru mencapai 94,4% (sangat layak). Hasil uji kepraktisan menunjukkan rata-rata hasil tanggapan siswa uji skala luas kelas XI IPA 2 diperoleh persentase sebesar 92,9% (sangat praktis) dan rata-rata hasil tanggapan siswa uji skala luas kelas XI IPA 4 adalah 91,8% (sangat praktis). Rata-rata tanggapan guru mencapai 90,6% (sangat praktis). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan e- module berbasis kasus materi peredaran darah manusia layak, efektif, dan praktis digunakan dalam pembelajaran untuk mengoptimalkan hasil belajar siswa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: E-module berbasis kasus, sistem peredaran darah manusia, hasil belajar kognitif.
    Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
    Depositing User: sumarsono mahasiswa unnes
    Date Deposited: 13 Nov 2015 12:39
    Last Modified: 13 Nov 2015 12:39

    Actions (login required)

    View Item