PENINGKATAN KETERAMPILAN MENELAAH DAN MEREVISI TEKS CERPEN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) BERBANTUAN MEDIA POTEL PADA SISWA KELAS VII-E SMP NEGERI 1 AMPELGADING KABUPATEN PEMALANG
Dina Purnama Sari, 2101410115 (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENELAAH DAN MEREVISI TEKS CERPEN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) BERBANTUAN MEDIA POTEL PADA SISWA KELAS VII-E SMP NEGERI 1 AMPELGADING KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (5MB) | Preview |
Abstract
Keterampilan menelaah dan merevisi teks cerpen adalah salah satu kompetensi dasar dalam kurikulum 2013 yang harus dikuasai oleh siswa jenjang SMP. Keterampilan menelaah dan merevisi teks cerpen siswa SMP N1 Ampelgading kelas VII-E belum dikatakan baik secara keseluruhan. Hal ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang masih konvensional. Oleh karena itu, untuk meningkatkan keterampilan menelaah dan merevisi teks cerpen siswa kelas VII-E SMP N1 Ampelgading menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbantuan media Potel. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu (1) proses pembelajaran CIRC berbantuan media Potel pada siswa kelas VII-E SMP Negeri 1 Ampelgading Kabupaten Pemalang; (2) perubahan sikap religi dan sikap sosial (jujur, tanggung jawab dan santun) siswa kelas VII-E SMP Negeri 1 Ampelgading Kabupaten Pemalang setelah mengikuti pembelajaran menelaah dan merevisi teks cerpen dengan model pembelajaran CIRC berbantuan media Potel; (3) peningkatan pengetahuan menelaah dan merevisi teks cerpen dengan model pembelajaran CIRC berbantuan media Potel pada siswa kelas VII-E SMP Negeri 1 Anpelgading Kabupaten Pemalang; dan (4) peningkatan keterampilan menelaah dan merevisi teks cerpen dengan model pembelajaran CIRC berbantuan media Potel pada siswa kelas VII-E SMP Negeri 1 Ampelgading Kabupaten Pemalang. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan proses pembelajaran keterampilan menelaah dan merevisi teks cerpen dengan model pembelajaran CIRC berbantuan media Potel pada siswa kelas VII-E SMP Negeri 1 Ampelgading Kabupaten Pemalang; (2) mendeskripsikan perubahan sikap religi dan sikap sosial jujur, tanggung jawab, dan santun siswa kelas VII-E SMP Negeri 1 Ampelgading Kabupaten Pemalang setelah mengikuti pembelajaran menelaah dan merevisi teks cerpen dengan model pembelajaran CIRC berbantuan media Potel; (3) mendeskripsikan peningkatan pengetahuan menelaah dan merevisi teks cerpen dengan model pembelajaran CIRC berbantuan media Potel pada siswa kelas VII-E SMP Negeri 1 Ampelgading Kabupaten Pemalang; dan (4) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menelaah dan merevisi teks cerpen dengan model pembelajaran CIRC berbantuan media Potel pada siswa kelas VII-E SMP Negeri 1 Ampelgading Kabupaten Pemalang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu siklus I dan siklus II. Variabel penelitian ini yaitu variabel keterampilan menelaah dan merevisi teks cerpen dan variabel pelaksanaan iii iii pembelajaran keterampilan menelaah dan merevisi teks cerpen dengan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compositin (CIRC) berbantuan media potel. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dan instrumen nontes. Dari hasil penelitian, diketahui adanya peningkatan nilai rata-rata kelas yang diperoleh siswa. Pada siklus I nilai rata-rata siswa aspek proses pembelajaran yakni 66,67% meningkat menjadi 87,17%. Setalah itu, aspek religius dari 74,36% meningkat menjadi 94,87%. Berikutnya nilai rata-rata siswa aspek sosial yang terdiri atas sikap jujur, tanggung jawab, dan santun pada siklus I sebesar 64,10%, 66,67%, 66,67% meningkat menjadi 82,05%, 79,48%, 79,48%. Aspek pengetahuan dari 66,67% meningkat menjadi 82,05%.. Aspek keterampilan siklus I sebesar 61,53% mengalami peningkatan menjadi 82,05% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disarankan agar 1) guru mata pelajaran bahasa Indonesia dapat menjadikan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbantuan media potel sebagai alternatif strategi dalam pembelajaran menelaah dan merevisi teks cerpen, dan 2) model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbantuan media potel dapat menjadi alternatif referensi bagi peneliti lain untuk melakukan penelitian yang serupa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teks cerpen, model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), media potel |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | cahyo fajar unnes |
Date Deposited: | 13 Nov 2015 17:38 |
Last Modified: | 13 Nov 2015 17:38 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22184 |
Actions (login required)
View Item |