KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS VIII DI SMP NEGERI 19 SEMARANG


Sutiy ono, 3301411014 (2015) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS VIII DI SMP NEGERI 19 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3301411014-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Keefektifan pembelajaran tidak terlepas dari aktivitas yang berkualitas dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi y ang dilakukan oleh guru. Salah satu peran guru adalah memilih model pembelajaran efektif. Model pembelajaran y ang mengacu pada keaktifan siswa adalah model cooperative learning. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas VIII SMP Negeri 19 Semarang, dan 2) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan metode ceramah bervariasi kelas VIII di SMP Negeri 19 Semarang. Penelitian ini adalah quasi-experimental dengan menggunakan nonequivalent control group design y ang memiliki populasi seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 19 Semarang. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling, terpilih kelas VIII F sebagai kelas eksperimen memperoleh model kooperatif tipe jigsaw dan kelas VIII G sebagai kelas kontrol memperoleh pembelajaran ceramah bervariasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan bantuan SPSS 20. Hasil yang diperoleh dari analisis data lembar observasi aktivitas siswa adalah 84,37%. Skor ini menunjukkan data hasil penelitian aktivitas siswa menggunakan model kooperatif tipe jigsaw dalam kategori sangat baik. Hasil uji-t Uji Independent sample t tes rata-rata hasil belajar posttes kedua kelas berbeda, model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw memberikan pengaruh terhadap hasil belajar sebesar 20%, dan memperoleh rata-rata 81.82, artinya melebihi (KKM ≥75 ). Data yang diperoleh adalah (thitung = 3.364 > 1.166) pada taraf signifikan 0.05, artinya (thitung > ttabel), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi kedua rata-rata sampel memiliki hasil belajar berbeda. Simpulan yang diperoleh adalah penggunaan model kooperatif tipe jigsaw terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan untuk materi hubungan antarlembaga negara Republik Indonesia. Berdasarkan simpulan tersebut, saran yang diajukan yaitu (1) penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada tahap pembagian kelompok harus memperhatikan waktu pembelajaran agar berjalan efektif, (2) perlu adanya kesepakatan peraturan agar dalam melakukan pertukan kelompok tidak gaduh, (3) perlu perluasan ruang kelas, sehingga memudahkan pembelajaran kelompok, (4) direkomendasikan untuk penelitian lanjut pada ranah afektif dan psikomotorik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: erni setyaningsih unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 17:34
Last Modified: 13 Nov 2015 17:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22182

Actions (login required)

View Item View Item