PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYUSUN TEKS CERPEN SECARA TERTULIS MENGGUNAKAN TEKNIK LATIHAN TERBIMBING DENGAN MEDIA FILM PENDEK BERMUATAN NASIONALISME PADA SISWA KELAS VII-E SMP NEGERI 2 KENDAL
Adhita Ayu Kusumawardani, 2101410103 (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYUSUN TEKS CERPEN SECARA TERTULIS MENGGUNAKAN TEKNIK LATIHAN TERBIMBING DENGAN MEDIA FILM PENDEK BERMUATAN NASIONALISME PADA SISWA KELAS VII-E SMP NEGERI 2 KENDAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (9MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran menyusun teks cerpen belum sepenuhya berjalan dengan baik. Pada kenyataanya pembelajaran menyusun teks cerpen masih pada tahap teori-teori cerpen, misalnya unsur-unsur dan pengertian cerpen. Siswa belum mampu menentukan unsur pembangun cerpen secara tepat dan menentukan struktur teks yang padu. Pembelajaran menyusun teks cerpen di sekolah masih banyak kendala dan cenderung dihindari. Adapun kendala dalam pembelajaran menyusun teks cerpen, antara lain: terbatasnya alokasi waktu yang tersedia, minim sarana dan prasarana, minat siswa masih rendah dalam menyusun teks cerpen. Hal ini tentu saja kurang mendukung dalam proses pembelajaran. Berdasarkan kenyataan itulah, peneliti mencoba mengedepankan gagasan tentang teknik latihan dasar yaitu melalui teknik latihan terbimbing dengan bantuan media film pendek yang bermuatan nasionalisme. Hal ini sebagai langkah awal peneliti dalam membelajarkan menyusun teks cerita pendek pada siswa. Berdasarkan kondisi tersebut muncul beberapa permasalahan yang penting untuk diteliti. Hal-hal tersebut antara lain 1) Bagaimana proses pembelajaran peningkatan keterampilan menyusun teks cerpen menggunakan teknik latihan terbimbing dengan media film pendek bermuatan nasionalisme pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kendal, 2) Bagaimana peningkatan pengetahuan menyusun teks cerpen menggunakan teknik latihan terbimbing dengan media film pendek bermuatan nasionalisme pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kendal, 3) Bagaimana perubahan sikap religi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kendal mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi secara lisan maupun tulisan saat mengikuti pembelajaran keterampilan menyusun teks cerpen menggunakan teknik latihan terbimbing dengan media film pendek bermuatan nasionalisme, 4) Bagaimana perubahan sikap jujur, tanggung jawab, santun, percaya diri, dan nasionalisme siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kendal dalam mengikuti pembelajaran keterampilan menyusun teks cerpen menggunakan teknik latihan terbimbing dengan media film pendek bermuatan nasionalisme, 5) Bagaimana peningkatan keterampilan menyusun teks cerpen menggunakan teknik latihan terbimbing dengan media film pendek bermuatan nasionalisme pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kendal. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan proses pembelajaran peningkatan keterampilan menyusun teks cerpen menggunakan teknik latihan terbimbing dengan media film pendek bermuatan nasionalisme pada siswa kelas iii VII SMP Negeri 2 Kendal, 2) Mendeskripsikan peningkatan pengetahuan menyusun teks cerpen menggunakan teknik latihan terbimbing dengan media film pendek bermuatan nasionalisme pada siswa kelas VII SMP , 3) Mendeskripsikan perubahan sikap religi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kendal dalam mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi secara lisan maupun tulisan saat mengikuti pembelajaran keterampilan menyusun teks cerpen menggunakan teknik latihan terbimbing dengan media film pendek bermuatan nasionalisme, 4) Mendeskripsikan perubahan sikap jujur, tanggung jawab, santun, percaya diri, dan nasionalisme siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kendal dalam mengikuti pembelajaran keterampilan menyusun teks cerpen menggunakan teknik latihan terbimbing dengan media film pendek bermuatan nasionalisme, 5) Mendeskripsikan peningkatan keterampilan menyusun teks cerpen menggunakan teknik latihan terbimbing dengan media film pendek bermuatan nasionalisme pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kendal. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan teknik latihan terbimbing dengan media film pendek bermuatan nasionalisme pada siswa kelas VII-E SMP Negeri 2 Kendal. Variabel penelitian ini terdiri atas keterampilan menyusun teks cerpen dan variabel pelaksanaan pembelajaran keterampilan menyusun teks cerpen menggunakan teknik latihan terbimbing dengan media film pendek bermuatan nasionalisme. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dan instrumen nontes. Instrumen tes berupa tes pengetahuan dan keterampilan, sedangkan instrumen nontes berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Dari hasil penelitian, diketahui adanya peningkatan nilai rata-rata kelas yang diperoleh siswa dalam menyusun teks cerpen. Pada siklus I nilai rata-rata siswa aspek nilai pada proses pembelajaran adalah 79,2% meningkat menjadi 95,8%.Berikutnya nilai rata-rata siswa aspek pengetahuan pun mengalami peningkatan antara siklus I dan siklus II yaitu dari 70% smapai 90%. Pada aspek sikap sosial seperti jujur, tanggung jawab, santun, percaya diri, dan nasionalisme pada siklus I sebesar 66,67%, 73,33%, 73,33%, 73,33% dan 76,66% meningkat menjadi 90%, 96,67%, 93,33%, 100% dan 93,3%. Aspek terakhir yang dijadikan pedoman dalam peningkatan rata-rata kelas adalah aspek keterampilan. Aspek keterampilan siklus I sebesar 76,67% mengalami peningkatan menjadi 96,67% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disarankan agar 1) guru mata pelajaran bahasa Indonesia hendaknya menggunakan teknik latihan terbimbing dengan media film pendek bermuatan nasionalisme dalam pembelajaran menyusun teks cerpen karena telah terbukti dapat memudahkan serta memotivasi siswa dalam pembelajaran menyusun teks cerpen, dan 2) peneliti lain dapat menjadikan teknik latihan terbimbing dengan media film pendek bermuatan nasionalisme dalam melakukan penelitian yang serupa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teks cerpen, teknik latihan terbimbing, media film pendek bermuatan nasionalisme. |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | cahyo fajar unnes |
Date Deposited: | 13 Nov 2015 17:26 |
Last Modified: | 13 Nov 2015 17:26 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22178 |
Actions (login required)
View Item |