PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK USIA DINI DI PAUD AL-FIDA KOTA SEMARANG


Renantra Purnama Siagian, 3301411009 (2015) PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK USIA DINI DI PAUD AL-FIDA KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3301411009-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter merupakan kewajiban dari negara atau pemerintah, seperti yang tercantum dalam UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 3, fungsi dan tujuan dari pendidikan nasional adalah membentuk warga negara yang berkarakter. Internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter yang dimaksudkan adalah menanamkan nilai-nilai luhur yang baik kepada peserta didik, seseorang dan sekelompok orang dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Pendidikan karakter sangat penting ditanamkan pada anak usia dini. Segala ilmu yang masuk dapat diserap secara optimal sehingga sangat tepat untuk ditanamkan pendidikan karakter pada anak sejak usia dini dan secara intensif agar terbentuk pribadi yang baik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) Mengetahui pelaksanaan pendidikan karakter pada anak di PAUD Al-Fida Kota Semarang, (2) Mengetahui metode yang digunakan dalam mendidik karakter pada anak usia dini di PAUD Al Fida Kota Semarang, (3) Mengetahui faktor penghambat dalam pelaksanaan pendidikan karakter pada anak di PAUD Al-Fida Kota Semarang. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Lokasi penelitian di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Al-Fida kota Semarang. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi pada kepala sekolah, guru, siswa, serta orang tua siswa. Keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi sumber, sebab pada penelitian ini data yang diperoleh akan dikumpulkan dan mengetahui kebenarannya. Teknik analisis data terdiri atas sajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dan pembahasan penelitian ini yaitu: (1) bentuk pendidikan karakter yang diajarkan pada anak usia dini di PAUD Al-Fida terintegrasi dalam setiap materi yaitu dengan mengajarkan nilai karakter religius, kemandirian, dan kepedulian. Namun nilai karakter religius menjadi andalan dalam mendidik karakter di PAUD Al-Fida, (2) metode yang digunakan dalam mendidik karakter anak usia dini di PAUD Al-Fida yang paling tepat menggunakan metode keteladanan atau contoh yang diawali dengan pengenalan, membiasakan, serta mengembangkan, (3) hambatan yang dialami dalam mendidik karakter tidak hanya berasal dari anak, namun juga pihak sekolah, guru, maupun lingkungan keluarga. Saran yang diajukan peneliti adalah (1) Kepala Sekolah: Kepada kepala sekolah, diharapkan menyediakan berbagai media penunjang pendidikan karakter anak usia dini berupa, buku-buku cerita mengenai karakter, komik, maupun gambar. (2) Guru: Guru diharapkan dapat memberikan contoh yang baik pada anak dengan menjaga perilaku dimanapun berada, memberikanpenjelasan pada anak dengan alasan yang dapat dipahami dan diterima oleh anak. (3) orang tua anak: Orang tua ikut berperan dalam mendidik karakter anak dengan membiasakan anak menerapkan nilai karakter yang sudah diajarkan di sekolah saat berada di rumah. Menjaga serta mengawasi setiap kegiatan anak sehingga anak menjadi terarah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Anak Usia Dini
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: erni setyaningsih unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 17:24
Last Modified: 13 Nov 2015 17:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22177

Actions (login required)

View Item View Item