PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MEMAHAMI CERITA LEGENDA DENGAN BUKU POP-UP UNTUK SISWA SMP KELAS VIII DI KABUPATEN PATI


Silvia Oti Nugraheni, 2601411004 (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MEMAHAMI CERITA LEGENDA DENGAN BUKU POP-UP UNTUK SISWA SMP KELAS VIII DI KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2601411004-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Keterampilan membaca pemahaman cerita legenda merupakan pembelajaran yang memberikan pengetahuan kepada siswa untuk dapat mengetahui lebih banyak cerita legenda dan kejadian-kejadian terdahulu. Akan tetapi, pembelajaran membaca pemahaman cerita legenda kurang diminati siswa karena kegiatan pembelajaran selama ini masih bersifat monoton dan kurangnya pemanfaatan media pembelajaran. Media pembelajaran yang kreatif dan inovatif dapat menciptakan suasana belajar yang nyaman dan tidak membosankan, sehingga siswa memiliki anggapan bahwa belajar merupakan hal yang menyenangkan. Pengembangan media pembelajaran buku Pop-Up legenda perlu dilakukan untuk memudahkan siswa menemukan ide-ide dalam memahami cerita legenda, sehingga membuat siswa semakin bersemangat dalam mengikuti pembelajaran dan tujuan pembelajaran dapat dicapai secara optimal. Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah analisis kebutuhan siswa dan guru terhadap pengembangan media pembelajaran memahami cerita legenda dengan buku Pop-Up untuk siswa SMP Kelas VIII? (2) bagaimanakah prototipe media pembelajaran memahami cerita legenda dengan buku Pop-Up untuk siswa SMP Kelas VIII? (3) seperti apakah hasil uji validasi media pembelajaran memahami cerita legenda dengan buku Pop-Up untuk siswa SMP Kelas VIII? Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan analisis kebutuhan siswa dan guru terhadap pengembangan media pembelajaran memahami cerita legenda dengan buku Pop-Up untuk siswa SMP Kelas VIII, (2) menyusun prototipe media pembelajaran memahami cerita legenda dengan buku Pop-Up untuk siswa SMP Kelas VIII, dan (3) mengemukakan hasil uji validasi media pembelajaran memahami cerita legenda dengan buku Pop-Up cerita legenda untuk siswa SMP Kelas VIII. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R & D) yang dilakukan dengan lima tahapan penelitian , yaitu: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, lan (5) revisi desain. Data penelitian berupa data analisis kebutuhan siswa dan guru videngan menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara, dan angket. Sedangkan untuk data validasi prototipe media menggunakan lembar uji validasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini ialah guru mata pelajaran bahasa Jawa dan siswa SMP kelas VIII di tiga SMP piloting Kurikulum 2013 di Kabupaten Pati yaitu SMP N 1 Juwana, SMP N 3 Pati, dan SMP N 1 Gabus. Selain guru dan siswa, ada pakar ahli media dan ahli materi untuk menguji kelayakan media pembelajaran. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) kebutuhan siswa dan guru terhadap pengembangan media pembelajaran buku Pop-Up legenda, meliputi: (a) bentuk fisik buku Pop-Up legenda, dan (b) muatan isi buku Pop-Up legenda; (2) keefektifan media pembelajaran buku Pop-Up legenda, meliputi: (a) kesesuaian dengan kurikulum yang digunakan, (b) memiliki relevansi dengan kehidupan sosial siswa, (c) memiliki sisipan moral yang secara tidak langsung menuntun dan menasehati siswa dalam bertingkah laku; (3) hasil uji validasi prototipe oleh validator/pakar ahli menunjukkan hasil yang positif. Masing-masing aspek rata-rata memperoleh nilai dengan kategori baik. Saran yang dapat direkomendasikan antara lain: (1) guru sebaiknya menggunakan media pembelajaran buku Pop-Up legenda dalam pembelajaran memahami cerita legenda, karena media ini diharapkan mampu membuat siswa menjadi aktif, kreatif, dan mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan; (2) perlu dikembangkannya model pembelajaran yang sesuai dan mampu meningkatkan semangat belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran buku Pop-Up legenda; (3) perlu diadakan pengembangan terhadap media pembelajaran Pop-Up legenda guna melengkapi kekurangan pada media pembelajaran, khususnya untuk membaca pemahaman cerita legenda. Kaprigelan membaca pemahaman cariyos legendha menika dados piwucalan ingkang dipunremeni para siswa awit kanthi maos siswa saged langkung kathah mangertosi cariyos legendha lan kadadosan-kadadosan ingkang kalampahan rikala rumiyin. Ananging, kagiyatan piwucalan taksih monoton amargi dwija basa Jawinipun dereng ngginakaken media pembelajaran rikala kagiyatan piwucalan wonten kelas. Media pembelajaran ingkang kreatiflan inovatif saged ndadosaken swasana piwucalan sekeca lan boten monoton, saengga siswa nggadhahi panyakrabawa menawi sinau menika kahanan ingkang boten mboseni. Undheraning perkawis wonten panaliten menika nun inggih: (1) Kados pundi analisis kebetahanipun siswa lan dwija ngengingi pengembangan media pembelajaran cariyos legendha kanthi ngginakaken buku Pop-Up kagem siswa SMP Kelas VIII, (2) Kados pundi prototipe media pembelajaran cariyos legendha kanthi ngginakaken buku Pop-Up kagem siswa SMP Kelas VIII, lan (3) Kados menapa asilipun uji validasi media pembelajaran cariyos legendha kanthi ngginakaken buku Pop-Up. Panaliten menika nggadhahi ancas (1) nggambaraken analisis kebetahanipun siswa lan dwija ngengingi pengembangan media pembelajaran cariyos legendha kanthi ngginakaken buku Pop-Up kagem siswa SMP Kelas VIII, (2) ndamel prototipe media pembelajaran cariyos legendha kanthi ngginakaken buku Pop-Up kagem siswa SMP Kelas VIII, lan (3) nerangaken asilipun uji validasi media pembelajaran cariyos legendha kanthi ngginakaken buku Pop-Up cariyos legendha kagem siswa SMP Kelas VIII. Pendekatan ingkang dipunginakaken Research and Development (R & D) ingkang dipunlaksanakaken kanthi gangsal tahap panaliten, inggih menika: (1) potensi lan masalah, (2) ngempalaken data, (3) desain produk, (4) validasi desain, lan (5) revisi desain. Data ingkang dipunkempalaken menika arupi data analisis viiikebetahan siswa lan dwija kanthi ngginakaken pedoman observasi, pedoman wawancara, lan angket. Sanesipun data validasi prototipe media ngginakaken lembar uji validasi. Data ingkang sampun dipunkempalaken lajeng dipunanalisis mawi teknik deskriptif kualitatif. Subjek panaliten inggih menika dwija Basa Jawi lan siswa SMP kelas VIII wonten ing SMP piloting Kurikulum 2013 Kabupaten Pati inggih menika SMP N 1 Juwana, SMP N 3 Pati, lan SMP N 1 Gabus. Kejawi dwija lan siswa, wonten pakar ahli media lan ahli materi kangge uji kelayakan media pembelajaran. Asilipun panaliten: (1) kebetahan siswa lan dwija ngengingi pengembangan media pembelajaran buku Pop-Up legendha, arupi: (a) wujud fisik buku Pop-Up legendha, lan (b) wosipun buku Pop-Up legendha; (2) keefektifan media pembelajaran buku Pop-Up legendha, arupi: (a) jumbuh kaliyan kurikulum ingkang dipunginakaken, (b) nggadhahi relevansi kaliyan lingkungan sosial siswa, (c) ngemot nilai moral ingkang paring piweling kagem para siswa; (3) asil uji validasi prototipe dening validator/pakar ahli maringi asil ingkang sae. Saben-saben aspek pikantuk biji kanthi kategori sae. Panyaruwe ingkang saged kapendhet: (1) dwija langkung prayogi ngginakaken media pembelajaran buku Pop-Up legendha rikala piwucalan cariyos legendha, awit media menika kaajab saged ndadosaken siswa langkung greget, aktif, lan ugi saged ndamel swasana sinau ingkang sekeca; (2) prayoginipun dipunwontenaken pengembangan model pembelajaran ingkang trep kangge ningkataken kaprigelan lan gregeting siswa maos cariyos legendha kanthi ngginakaken media pembelajaran buku Pop-Up legendha; (3) prayoginipun dipunwontenaken pengembangan media pembelajaran buku Pop-Up legendha kanthi tujuwan njangkepi kekiranganipun media pembelajaran, khususipun kangge membaca pemahaman cariyos legendha.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, keterampilan membaca pemahaman, hakikat cerita legenda, dan buku Pop-Up. media pembelajaran, kaprigelan membaca pemahaman, hakikat cariyos legendha, lan buku Pop-Up.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: sumarsono mahasiswa unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 17:24
Last Modified: 13 Nov 2015 17:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22176

Actions (login required)

View Item View Item