PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYUSUN TEKS DESKRIPSI SECARA TERTULIS MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK MELALUI METODE MIND MAP (PETA PIKIRAN) DENGAN MEDIA FOTO PADA SISWA KELAS VII C SMP N I GABUS KABUPATEN PATI


Siti Fatimah, 2101410048 (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYUSUN TEKS DESKRIPSI SECARA TERTULIS MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK MELALUI METODE MIND MAP (PETA PIKIRAN) DENGAN MEDIA FOTO PADA SISWA KELAS VII C SMP N I GABUS KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2101410048-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (8MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran menyusun teks deskripsi secara tertulis pada siswa kelas VII C SMP N 1 Gabus Kabupaten Pati masih mengalami kendala. Hal tersebut disebabkan siswa masih mengalami kesulitan dalam menentukan pilihan kata yang tepat, menulis teks secara runtut, dan menulis paragraf yang kohesif. Ini dibuktikan dengan hasil tes keterampilan menyusun teks deskripsi secara tertulis yang hanya mencapai persentase ketuntasan sebesar 15.625%. Oleh karena itu, peningkatan keterampilan menulis teks deskripsi secara tertulis perlu dilakukan dengan menggunakan pendekatan saintifik melalui metode mind map dengan media foto. Berdasarkan kondisi tersebut permasalahan yang diteliti, yaitu bagaimanakah proses pembelajaran, perubahan sikap religius dan sosial, serta peningkatan keterampilan menyusun teks deskripsi secara tertulis siswa kelas VII C SMP N I Gabus Kabupaten Pati setelah mengikuti pembelajaran menyusun teks deskripsi secara tertulis menggunakan pendekatan saintifik melalui metode mind map (peta pikiran) dengan media foto. Penelitian ini bertujuan memaparkan proses pembelajaran, mendeskripsikan perubahan sikap religius dan sosial, serta mendeskripsikan peningkatan keterampilan menyusun teks deskripsi secara tertulis siswa kelas VII C SMP N I Gabus Kabupaten Pati setelah mengikuti pembelajaran menyusun teks deskripsi secara tertulis menggunakan pendekatan saintifik melalui metode mind map (peta pikiran) dengan media foto. Penelitian ini dilakukan mulai Juli sampai September 2014. Variabel penelitian ini adalah variabel keterampilan menyusun teks deskripsi secara tertulis dan variabel pendekatan saintifik melalui metode mind map dengan media foto. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dan nontes. Instrumen tes berupa tes keterampilan, sedangkan instrumen nontes berupa pedoman observasi, pedoman jurnal, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Setelah dilakukan penelitian setiap aspek pengamatan proses mengalami peningkatan. Aspek keintensifan proses penumbuhan minat siswa untuk menyusun teks deskripsi secara tertulis mengalami peningkatan sebesar 13.407%. Aspek kekondusifan proses pengamatan foto untuk membuat mind map mengalami peningkatan sebesar 16.734%. Peningkatan sebesar 26.210% terjadi pada aspek keintensifan siswa dalam mengerjakan tugas mandiri. Aspek kekondusifan siswa saat ada seorang siswa yang sedang presentasi meningkat 26.512% dari siklus I ke siklus iii iii II. Peningkatan juga terjadi pada aspek kekondusifan siswa saat kegiatan refleksi, yaitu 19.859%. Sikap spiritual siswa mengalami peningkatan, yaitu sebesar 9.677% dari siklus I ke siklus II. Sikap sosial yang meliputi sikap percaya diri dan tanggung jawab juga mengalami peningkatan. Persentase ketuntasan yang dicapai siswa pada sikap percaya diri mengalami peningkatan sebesar 23.185%, sedangkan sikap tanggung jawab meningkat sebesar 52.319%. Pada siklus I, nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada tes keterampilan mencapai 73.290. Hasil tes keterampilan pada siklus II menjadi 80.562. Persentase ketuntasan juga mengalami peningkatan, yaitu sebesar 32.762%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti merekomendasikan pada guru bahasa Indonesia untuk mempertimbangkan penggunakan pendekatan saintifik melalui metode mind map dengan media foto dalam pembelajaran menyusun teks deskripsi secara tertulis agar pembelajaran yang dilakukan menjadi lebih optimal. Selain itu, penelitian ini juga diharapkan dapat digunakan sebagai masukan peneliti lain dalam melakukan penelitian yang serupa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menyusun teks deskripsi secara tertulis, pendekatan saintifik, metode mind map, media foto.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 17:22
Last Modified: 13 Nov 2015 17:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22173

Actions (login required)

View Item View Item